Mobil Keluarga Terfavorit Kedua Bukan Merek Jepang

Wuling Cortez
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Mobil keluarga kasta menengah masih menjadi favorit konsumen di Indonesia. Meski demikian, penjualan mobil dengan kapasitas angkut tujuh penumpang tidak selalu berjalan mulus. 

Harapan Keluar dari Stagnasi Penjualan Mobil Satu Juta Unit di 2025

Data dari gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan, penjualan secara wholesales selama Mei 2018 hanya mencatat angka 6.068 unit.

Angka penjualan dari pabrik ke diler resmi tersebut turun, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 6.651 unit. 

Penjualan Mobil 2024: Produk Tiongkok Geser Merek Eropa

Sementara, jika mau dibandingkan dengan penjualan tahun lalu, angkanya lebih rendah 2.305 unit. Wholesales medium multi purpose vehicle pada Mei 2017, diketahui mencapai 8.373 unit.

Toyota Kijang Innova

Cara Hyundai atasi Suramnya Industri Otomotif di 2025

Untuk produk MPV kelas menengah, Toyota Kijang Innova masih memegang kendali penuh dengan raihan 5.011 unit.

Di bawahnya, ada pendatang baru asal Tiongkok, Wuling Cortez sebanyak 661 unit. Sementara, mobil keluarga pintu geser, Toyota Sienta laku 255 unit sepanjang Mei 2018.

Selain ketiganya, mobil keluarga bermesin diesel, Isuzu Panther tercatat laku 81 unit, dan Nissan Grand Livina menyumbang 56 unit.

VIVA Otomotif: Booth Suzuki di GIIAS 2023

Ini Mobil Suzuki yang Paling Banyak Diburu Orang RI Menjelang Akhir Tahun

Penjualan mobil baru tahun ini menurun, dan semua brand mengalami hal serupa seperti halnya Suzuki. Di tengah merosotnya daya beli, Suzuki masih menempati lima besar dari

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2024