Sokon Jual Mobil Bergaransi 7 Tahun, Ini Kata Pakar
- VIVA/Pius Mali
VIVA – Sebagai pendatang baru di Indonesia, Dongfeng Sokon atau DFSK harus memiliki penawaran menarik untuk mengalihkan perhatian konsumen dari produk Jepang.
Salah satu langkah yang mereka tempuh adalah memberikan garansi selama tujuh tahun. Garansi tersebut diberikan untuk konsumen yang membeli mobil sport utility vehicle atau SUV pertama mereka yang dijual di Tanah Air, Glory 580.
“Garansi tujuh tahun atau 150 ribu kilometer. Cakupan garansinya itu mulai dari ECU, sistem kemudi EPS, evaporator AC, radiator, all item kecuali suspensi dan fast moving,” ujar General Manager Marketing PT Sokonindo Automobile, Permata Islam beberapa waktu lalu.
Menurut pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus, cara yang dilakukan Sokonindo untuk memikat konsumen sudah tepat.
“DFSK menyasar segmen individu yang smart dengan menjual Glory, sebuah SUV bertabur fitur premium dengan harga murah dan garansi hingga tujuh tahun. Belum pernah ada industri otomotif yang berani seperti DFSK,” ujar Yannes saat dihubungi VIVA, Selasa 5 Juni 2018.
Menurutnya, tolak ukur pembelian mobil sekarang bukan dilihat dari seberapa banyak volume mobil itu beredar di jalan raya, atau meminta keterangan lengkap dari tenaga penjual, melainkan informasi terkait spesifikasi dari dunia maya.
“Mereka (konsumen) terus berbagi ke kelompok sosial masing-masing via smartphone. Artinya, setiap ada perkembangan, baik atau buruk, beritanya menyebar dengan sangat cepat. Masyarakat kini semakin kritis dan semakin cerdas untuk membeli mobil,” tuturnya.
Yannes menjelaskan, garansi tujuh tahun yang diberikan DFSK membidik pasar generasi milenial. Kaum muda memerlukan klarifikasi detail pada saat mengeluarkan uang dalam jumlah besar, dan mereka mencarinya melalui jaringan internet.