Bermasalah, Toyota Imbau Konsumen Periksa Inflator Airbag
- VIVA.co.id/M Ali Wafa
VIVA – PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Tanah Air kembali mengingatkan pemilik mobil untuk ikut dalam program kampanye perbaikan inflator kantung udara. Kampanye ini sekaligus bagian dari kampanye servis spesial terkait sensor airbag.
Permasalahan pada inflator airbag sebenarnya dialami secara massal dan global oleh berbagai produsen kendaraan, termasuk Toyota. Di Indonesia, TAM sudah melakukan pemanggilan kepada pelanggan melalui surat sejak 2015 dan hingga saat ini terus aktif menginformasikan program ini kepada pelanggan.
Berdasarkan data, mobil Toyota yang terindikasi bermasalah mencapai 117.117 unit, dari data yang sebelumnya hanya 97.980 unit.
Jumlah itu terbagi atas Alphard produksi 2010 sampai 2014, NAV1 produksi 2012 hingga 2013, Camry produksi 2002 sampai 2004, Corolla produksi 2001 sampai 2013, Vios produksi 2006 sampai 2013, dan Yaris produksi 2006 sampai 2013.
"Kami sangat mengimbau pelanggan yang inflator airbag kendaraannya terindikasi bermasalah, untuk segera melakukan pengecekan dan perbaikan di bengkel resmi Toyota,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangannya, Rabu, 16 Mei 2018.
Dari data TAM, sampai dengan akhir April 2018, tercatat sebanyak 14.918 unit kendaraan telah diperbaiki inflator airbag-nya di bengkel resmi Toyota, atau sekitar 12,74 persen dari total kendaraan yang terlibat di Indonesia.
Penggantian komponen airbag ini gratis atau bebas biaya sama sekali karena menjadi bagian komitmen Toyota dan wujud tanggung jawab untuk menjamin keselamatan pelanggan.