Pencipta Tucuxi Bantah Alasan Dahlan soal Rem Bermasalah
- ANTARA/ Siswowidodo
VIVAnews - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan telah membeberkan penyebab kecelakaan yang dialaminya saat menjajal mobil listrik Tucuxi. Menurut Dahlan biang keladinya adalah rem Tucuxi bermasalah.
Namun, pihak ElektrikCar sebagai pencipta Tucuxi membantah pernyataan Dahlan.
"Tidak benar bila pengereman hanya dapat digunakan menggunakan rem, tanpa menggunakan mesin seperti yang dinyatakan pak Dahlan. Tucuxi dilengkapi dengan motor controller yang mampu mengerem dengan mesin atau menghasilkan pengereman regeneratif," tulis tim ElektrikCar yang dipimpin Danet Suryatama dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Minggu 13 Januari 2013,
Ada beberapa cara melakukan pengereman regeneratif pada Tucuxi. Yaitu mengangkat kaki dari pedal gas untuk memperlambat laju kendaraan. Atau mengganti dengan driving selection.
"Dengan pengereman regeneratif, mesin atau motor listrik akan memperlambat kecepatan putarnya, untuk berfungsi sebagai generator mengisi ulang baterai," bebernya.
Danet membenarkan Tucuxi memang mobil listrik yang didesain tanpa menggunakan gearbox. Tucuxi, kata dia, dirancang menggunakan single speed reduction gear atau satu gigi penurun kecepatan.
Transmisi satu gigi ini digunakan karena motor listrik (AC atau DC) punya range yang lebar pada putaran motornya (wide range RPM). Tucuxi juga memiliki efisiensi tinggi pada motor serta mampu memperoleh torsi maksimum pada saat awal kendaraan melaju.
Penggunaan single speed reduction gear pada kendaraan listrik juga dipakai banyak kendaraan listrik dunia seperti, tesla Roadster, Ariel Atom Wrightspeed X1, Ford Focus Electric, Mitsubishi I-MiEV, Nissan Leaf dan masih banyak lagi.
Dahlan Iskan memang sempat mengeluhkan sulit melakukan pengereman Tucuxi yang tidak menggunakan gearbox. Hingga pada sesaat sebelum kecelakaan, rem Tucuxi selalu dipaksa bekerja keras. (eh)