Melintasi Jalur Tol Cipularang Tidak Bisa Sembarangan

Ilustrasi suasana Tol Cipularang, Purwakarta, Jabar.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Bandung, VIVA – Mudik Lebaran selalu menjadi momen yang dinanti, namun juga menghadirkan tantangan tersendiri bagi mereka yang melaksanakannya dan akan melintasi jalur-jalur dengan tingkat kepadatan tinggi dan kondisi jalan yang rawan kecelakaan.

Pesan Penting Kakorlantas ke Masyarakat Jika Ingin Berpergian saat Long Weekend Perayaan Paskah, Wajib Dibaca!

Salah satu ruas tol yang kerap menjadi perhatian adalah Tol Cipularang, yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung dan kota-kota di sekitarnya.

Kontur jalan yang bergelombang, tikungan tajam, serta risiko kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi membuat jalur ini masuk dalam daftar rawan kecelakaan.

Catatan Kakorlantas soal Operasi Ketupat 2025 Buat Hadapi Arus Mudik 2026

Kakorlantas Polri saat meninjau jalur tol Cipularang

Photo :
  • Korlantas Polri

Untuk memastikan kelancaran dan keselamatan pemudik, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs. Agus Suryonugroho S.H, M.Hum, turun langsung ke lapangan guna meninjau kesiapan jalur penyelamat di KM 92 Tol Cipularang pada hari ketiga pelaksanaan Operasi Ketupat 2025.

Pajero Sport Terguling Diduga karena Aquaplanning, Begini Cara Mencegahnya

Dalam tinjauannya, Kakorlantas menekankan pentingnya pengendalian kecepatan saat pengemudi mobil melintas di jalur Cipularang.

Menurutnya, kontur jalan yang tidak rata serta adanya titik-titik rawan kecelakaan menuntut pengemudi untuk lebih berhati-hati dan tidak tergesa-gesa.

"Saya, Pak Dirlantas Jawa Barat, Pak Dirgakkum, Pak Kapolres patroli di sepanjang jalan, agar pengguna jalan betul-betul mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan sampai overspeed, tidak usah tergesa-gesa," ujar Kakorlantas saat berada di Tol Cipularang KM 92, dikutip VIVA melalui laman resmi Korlantas Polri.

Adapun salah satu langkah antisipatif yang telah disiapkan adalah keberadaan jalur penyelamat, yang berfungsi sebagai tempat darurat bagi kendaraan yang mengalami rem blong atau kehilangan kendali.

Kakorlantas pun meninjau langsung kondisi jalur penyelamat di KM 92 serta beberapa titik lainnya yang masuk dalam kategori troublespot dan blackspot area yang kerap terjadi kecelakaan.

"Saya kemari, saya pastikan tol lancar. Lalu tempat-tempat yang terjadi troublespot dan blackspot saya datangi, termasuk di KM 91. Ini jalur penyelamat, beberapa hari lalu sempat digunakan, bukan karena kecelakaan tapi untuk situasi darurat. Jalur ini jarang dipakai, agak keras, tapi sekarang sudah diperbaiki," jelasnya.

Selain jalur penyelamat, rest area juga menjadi perhatian utama. Dengan meningkatnya volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta, tempat peristirahatan harus dipastikan siap melayani pemudik agar mereka memiliki tempat yang layak untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

"Jalur-jalur penyelamat sudah siap semua, di samping jalur tol termasuk juga rest area-rest area yang menjadi tempat persinggahan para pengendara," tambahnya.

Lebih lanjut, Kakorlantas pun mencatat adanya peningkatan volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta selama tiga hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2025.

Dibandingkan dengan tahun lalu, arus mudik meningkat sekitar 30 persen, dengan rincian kenaikan sebesar 37 persen pada H-10, 22,5 persen pada H-9, dan terus bertambah.

"Komparasinya selama 3 hari itu yang keluar dari Jakarta, baik yang ke Cikupa maupun Trans Jawa, sudah hampir 30 persen. Artinya sudah terurai dari awal. Moga-moga nanti pada saat hari H atau H-3 yang diprediksi sebagai puncaknya, kami sudah bisa mengelola lebih baik," pungkasnya. 

Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryo meninjau pembangunan kantor induk PJR

Kakorlantas Tinjau Pembangunan Kantor Induk PJR di Tol Banyudono Boyolali, Ini Fungsinya

Kakorlantas Polri, Irjen Agus Suryonugroho menyambut baik rencana pembangunan Kantor Induk PJR (Patroli Jalan Raya) di exit Tol Banyudono Boyolali.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2025