Koleksi Mobil Menteri HAM Natalius Pigai yang Minta Anggaran Rp20 Triliun

Aktivis HAM Natalius Pigai
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA – Presiden Prabowo Subianto telah membentuk kabinet baru, dan salah satunya menunjuk Natalius Pigai sebagai Menteri HAM (Hak Asasi Manusia). Meski baru menjabat, politisi asal Papua itu langsung disorot.

Prabowo dan Gibran Salami Menteri Sebelum Sidang Kabinet Paripurna di Istana

Meski tergolong kementerian baru, Natalius Pigai langsung meminta kenaikkan anggaran dari yang disanggupi negara Rp64 miliar, menurutnya agar visi misinya tercapai dalam membangun HAM untuk semua sektor.

“Kalau negara punya kemampuan, maunya di atas Rp20 triliun (pagu anggaran). Pigai bisa bangun, saya ini orang pekerja lapangan. Kalau negara punya anggaran, saya maunya Rp20 triliun,” ujar Pigai saat penyambutan di Gedung Kemenkumham.

Deretan Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran yang Hartanya Paling Kecil

Di luar dari statementnya yang menjadi sorotan, mantan staf khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi 1999-2004 itu pernah melaporkan kekayaannya saat mencalonkan jadi Ketua KPK pada 2019 lalu.

Honda CR-V.

Photo :
Prabowo Pimpin Sidang Kabinet Paripurna Dihadiri 48 Menteri dan 12 Pejabat Setingkat Menteri

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Pigai memiliki kekayaan saat itu Rp4,370 miliar. Dari angka tersebut alat transportasi, atau kendaran yang dimiliki cukup mengejutkan.

Pasalnya mantan tim Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri periode 2010-2012 itu hanya mendaftarkan satu unit mobil, yaitu Honda CR-V yang tergolong sudah lawas.

Honda CR-V yang digunakan Natalius Pigai adalah generasi ketiga, namun model facelift. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) itu pertama kali diproduksi pada 2007 dengan desain eksterior, interior, berubah total.

Tampilannya lebih moderen, model ini biasa disebut CR-V kura-kura, atau bapau lantaran bodinya yang membulat, dan tidak ada lagi ban serep di bagasi belakang seperti versi sebelumnya.

Salah satu fitur terbaru adalah lampu utamanya yang sudah proyektor, dan memasuki 2010 edisi facelifitnya meluncur, dan diproduksi sampai 2011. Ubahannya desain grill dibuat ulang, begitupun bumper.

Selain itu terdapat fitur stability control sehingga mencegah mobil tergelincir saat bermanuver di jalan licin, karena traksi roda diatur secara elektrik. Kemudian jok elektrik untuk pemengemudi.

Hanya berjalan sekitar 2 tahun, pada 2012 kembali diberikan penyegaran alias facelift kedua. Ubahannya tergolong minor, karena hanya tambahan aksesori, serta penggantian wood panel interior, dan head unit.

Jantung pacunya tetap mengandalkan mesin bensin 2.00cc berkode R20A empat silinder yang dapat menyemburkan tenaga 150 dk, dan torsi 197 Nm.

Untuk tipe tertinggi dibekali mesin bensin 2.400cc berkode K24 dengan dukungan 16 katup DOHC, secara tenaga lebih besar, yaitu 170 dk, dan torsi 231 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya