Daftar Mobil Daihatsu yang Paling Dicari Orang RI Selama 9 Bulan Tahun Ini

Daihatsu Terios di GIIAS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Penjualan mobil baru di tahun ini merosot dari tahun sebelumnya, ada berbagai faktor membuat daya beli menurun, seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

6 Kebiasaan yang Bikin Aki Mobil Jadi Cepat Soak

Sepanjang Januari sampai September 2024 penjualan mobil baru dari diler ke konsumen, atau retail hanya 657.223 unit, sedangkan dalam periode yang sama di tahun lalu masih menyentuh angka 746.239 unit.

Daihatsu Sigra di GIIAS 2024

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Cuma Bikin Rugi Baim Wong Pernah Menyesal Melakukan Ini

Artinya ada penurunan sekitar 12 persen dari sebelumnya. Di tengah merosotnya daya beli masyarakat terhadap mobil baru, Daihatsu tetap menempati urutan kedua dari daftar mobil terlaris di Indonesia.

Daihatsu meraih pangsa pasar 19,8 persen dari total market nasional dengan penjualan diler ke konsumen sepanjang 9 bulan di tahun ini 129.848 unit. Sedangkan tahun lalu Daihatsu bisa menjual 149.625 unit.

Chery Tunggu Aturan Pemerintah Jelang Luncurkan Mobil Hybrid di Indonesia

Di tengah penurunan tersebut, ada 3 mobil Daihatsu yang masih dicari konsumen yang mengisi ceruk pasar berbeda-beda, yaitu Sigra di segmen LCGC, Gran Max pikap niaga ringan, dan Terios kelas Low SUV.

Daihatsu Sigra berhasil terjual 42.781 unit selama periode tersebut di tahun ini, dengan menyumbang 33 persen dari total penjualan, disusul Gran Max pikap sebanyak 31.564 unit atau berkontribusi 24 persen.

Urutan ketiga ada Terios dengan penjualan 15.604 unit, atau menyumbang 12 persen. Mobil yang satu platform dengan Toyota Rush itu masih menggunakan mesin 1.500cc berpenggerak belakang seperti Avanza-Xenia lawas.

Meski sudah cukup lama tidak berubah total, di mana Daihatsu hanya sekadar memberikan penyegaran berstatus facelift, mobil Low SUV berkonfigurasi 7-penumpang itu masih dicari oleh konsumen.

Sementara Sigra dari tahun ke tahun selalu menjadi tulang punggung brand berlogo D tersebut, mobil MPV termurah yang satu platform dengan Toyota Calya itu ditawarkan dalam beberapa varian dengan mesin 1.000cc, dan 1.200cc.

“Terima kasih atas kepercayaan pelanggan Daihatsu. Kami berharap pasar otomotif Indonesia dapat terus bertumbuh ke depannya,” ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono, dikutip dari keterangannya, Jumat 11 Oktober 2024.

Salah satu cara Daihatsu mendongkrak penjualan hingga akhir tahun, menurut Tri Mulyono terus memberikan pelayanan penjualan, dan purnajual, salah satunya lewat program DAIFEST 2024 sampai akhir tahun dengan promo menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya