Video Bus Serempet Honda HR-V di SPBU, Warganet: Siapa yang Salah?

Aksi serempet bus dan mobil
Sumber :
  • Arianti Widya

Yogyakarta, VIVA – Saat berkendara di jalan raya, kewaspadaan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dan agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Bus Rombongan Guru Tulungagung Terguling di Tol Sumo, 1 Orang Tewas

Maka dari itu, pengemudi harus selalu fokus pada lingkungan sekitar, memperhatikan kendaraan yang bergerak di sekeliling, dan memahami situasi lalu lintas dengan baik.

Sayangnya, masih ada beberapa oknum yang kurang memerhatikan kondisi sekitar hingga terjadi serempetan antar sesama kendaraan.

Buntut Kejar Bus Telolet, Bocah di Jaksel Tewas Tertabrak Taksi

Dikutip VIVA dari laman Instagram @Memomedsos pada Rabu, 9 Oktober 2024, terdapat sebuah kejadian yang melibatkan bus dan mobil Honda HR-V saling serempet saat hendak keluar dari sebuah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU)Diketahui, lokasi peristiwa ini berada di SPBU Adisucipto, Jogja.

Bus Paspampres Hantam Halte Transjakarta Petamburan, Kolonel Herman Ungkap Penyebabnya

Nampak dalam video, bus hendak keluar dari SPBU dengan laju yang cukup pelan. Sesaat, datang sebuah Honda HR-V berwarna putih dengan laju yang agak kencang dari sisi kiri bus.

Mobil SUV tersebut pun juga ingin keluar dari SPBU dan berhenti tepat di samping bus tersebut.

Terlihat, kedua kendaraan ini seperti berebutan ingin keluar dari SPBU. Lantaran, saat bus ingin keluar, Honda HR-V tersebut juga bergegas untuk keluar.

Kejadian tersebut pun mengakibatkan bus menyerempet Honda HR-V. Nampak, bagian bodi depan kanan mobil SUV tersebut mengalami kerusakan hingga penyok.

Melihat video ini di media sosial, para pengguna Instagram pun langsung meramaikan kolom komentar dengan menentukan siapa yang salah dari peristiwa ini.

Banyak yang menyalahkan pengemudi Honda HR-V karena berada di jalur blind spot bus. Namun tak sedikit yang menyalahkan sopir bus karena tidak menggunakan sen saat ingin belok kiri.

"Blind spot itu, hrv ngapain motong lewat kiri salah dia," kata netizen.

"1 gerakan bus, belok kiri pelan. 2 gerakan hrv. Pertama, posisi hrv masih jauh tapi tetap maju meski bus di depannya sedang belok kiri pelan. Kedua, sempat berhenti, ketika bus tepat di depan hrv. Tapi bukan tetap berhenti atau bahkan segera mundur, hrv justru maju sedikit," tulis warganet. 

"Bis nya kaga kasih sen/reting. Posisi menepi di kanan. Mana tau itu hrv kl si bus mau belok. Hrv mau kluar spbu. Kl lewat kanan ada bus, satu2 nya jalan ya di antara bus dan brio. Kesimpulan bus nya yg salah. Kl blindspot harusnya kernet nya turun," kata satu netizen.

"Mau salah atau benar mobil kecil itu harus ngalah dalam posisi ini bus sudah masuk ke jalan raya seharusnya dengan akal dan pikiran yang jernih mobil kecil HRV harusnya tetap stay dipom sabar nunggu bus masuk semua ke jalan baru ngikut dibelakang kalau orangnya waras sih," tutur warganet lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya