Ini Jenis APAR yang Cocok Padamkan Kebakaran pada Kendaraan

Pemadaman kebakaran pada mobil listrik
Sumber :
  • Nikkei Asia

Cikarang, VIVA – Kebakaran tidak hanya nenimpa sebuah gedung, namun bisa mengenai kendaraan.

Pendaftar QR Code Buat Beli BBM Subsidi Pertalite Sudah Tembus 5,5 Juta Kendaraan

Seperti yang baru-baru ini terjadi, motor balap milik Marc Marquez terbakar saat melintas di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu.

Tidak hanya pada motor konvensional, kendaraan listrik pun lebih besar berpotensi mengalami kebakaran mengingat adanya baterai yang disematkan.

Keren! Polisi Ini Sulap Motor Dinasnya Jadi Bengkel Keliling untuk Bantu Kendaraan Mogok

Kebakaran pada kendaraan listrik bisa terjadi kapan saja karena berbagai alasan. Seperti korsleting listrik, kebocoran bahan bakar, atau suhu mesin yang terlalu tinggi.

Motor Marc Marquez usai terbakar di MotoGP Mandalika 2024

Photo :
  • Crash.net
Kisruh APAR Mandalika yang Dikeluhkan Marquez Belum Usai, MGPA: Silahkan Bilang ke FIM

Maka dari itu, memiliki APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di mobil bukan hanya sekadar aksesori, tetapi juga merupakan langkah penting dalam memastikan keselamatan saat berkendara.

Dalam mengatasi kebakaran pada kendaraan, jenis APAR juga perlu diperhatikan.

Rahmat Rezki selaku President Director PT Indolok Bakti Utama mengungkapkan bahwa APAR memiliki berbagai jenis, mulai dari foam hingga liquid.

"APAR ada beberapa jenis, ada yang berbentuk foam, powder, liquid, dan Blanket (selimut)," ujarnya dikutip VIVA di Cikarang, Jawa Barat.

Menurutnya, selain APAR jenis liquid, APAR blanket sebenarnya juga cukup efisien dalam mengatasi kebakaran pada kendaraan.

"APAR blanket sangat baik meredam atau menahan panas, tetapi memang masih jarang digunakan karena harganya sangat mahal," kata Rahmat.

Ia menambahkan, "Jarang pabrikan yang memakai karena harganya saja bisa Rp90 jutaan sampai Rp150 jutaan dan sifatnya langsung buang. Jadi memang hanya untuk keamanan saja,"

Adapun, pihak PT Indolok Bakti Utama selaku supplier APAR di Indonesia mengungkapkan rencana untuk menjual APAR blanket dengan harga perkenalan Rp75 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya