MGPA Kirim 4 Putra NTB di Ajang Asia Road Racing Championship Malaysia

MGPA Kirim 4 Putra NTB di Ajang ARRC Malaysia 2024
Sumber :
  • MGPA

Jakarta, VIVA –  Empat putra daerah asal Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat kesempatan dalam meningkatkan kemampuan serta pemahaman dalam dunia balap internasional ke Malaysia. Keempatnya dikirim oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya.

Kecelakaan Balap Jalan Raya Tewaskan Pembalap Italia Secara Tragis

Semuanya terlibat dalam Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, 14-15 September 2024. Inisiatif ini merupakan upaya MGPA dalam memperkuat peran Marshall dari Mandalika dalam komunitas motorsport global. 

Empat putra daerah NTB yang berpartisipasi menjalankan tugas penting sebagai Chief Logistic Marshall, Chief Pitlane Marshall, Chief Track Marshal, dan FIM Asia Jury Member. Ini tak lepas dari kinerjanya di Mandalika.

MotoGP Indonesia 2024, Kemenparekraf Pastikan Dukung di Sisi Promosi

“Inisiatif ini merupakan langkah konkret yang diambil oleh MGPA untuk membawa dunia motorsport Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi. Keempat putra NTB yang berkompetisi di ajang ARRC adalah wujud apresiasi dari Simon Maas, Sekretaris Jenderal FIM Oceania sekaligus anggota Dewan FIM Steward (EWC & WSBK) FIM CCR, atas kinerja luar biasa dari para marshal Mandalika," ujar Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dalam keterangan resminya, Senin 16 September 2024.

MGPA Kirim 4 Putra NTB di Ajang ARRC Malaysia 2024

Photo :
  • MGPA
Penumpan Penyeberangan Diproyeksi Naik 3 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika, ASDP Siapkan Ini

"Simon Maas bahkan menyebut metode pelatihan yang diterapkan di Mandalika telah dijadikan modul pembelajaran untuk pelatihan marshal di sirkuit-sirkuit lain yang diakui oleh FIM," lanjutnya.

Samsuri sendiri akan berperan sebagai Pitlane Marshal Member dan bertanggung jawab atas keselamatan di area pit selama balapan. Lalu Vincent Wijaya menjalankan tugas sebagai Deputy Starter/Finisher, memastikan kelancaran proses start dan finish balapan. 

Sementara itu, Khairil Afandi ditugaskan sebagai Track Marshal, dengan tanggung jawab atas keselamatan dan penanganan insiden di lintasan. Terakhir, Awallutfi Andhika berperan sebagai FIM Asia Jury Member, dengan tanggung jawab mengawasi dan memberikan penilaian sesuai regulasi balapan yang berlaku.

Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2024 Troy Warokka, menyebut pengiriman ini sebagai investasi jangka panjang agar kualitas balapan di Mandalika lebih baik. Ini juga menambah persiapan jelang balapan MotoGP Mandalika 2024.

"Kami tidak hanya ingin mengirimkan putra daerah ke luar negeri untuk mendapatkan pengalaman internasional, tetapi juga untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam menangani event kelas dunia," ucap Troy.

MGPA Kirim 4 Putra NTB di Ajang ARRC Malaysia 2024

Photo :
  • MGPA

Dengan bertugas di sirkuit dan negara berbeda, para putra daerah NTB diharapkan dapat membawa kebanggaan bagi Indonesia sekaligus mempelajari perbandingan cara kerja di berbagai sirkuit dunia. Kembalinya ke Mandalika, mereka diharapkan bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan yang sudah didapat dengan rekan-rekannya sesama marshall untuk mensukseskan MotoGP Mandalika 2024.

“Angkatan berikutnya dari program ini juga dijadwalkan akan segera berangkat ke sirkuit internasional lainnya, menandai langkah besar putra daerah NTB dalam kiprah global mereka. Kami berharap dengan adanya program ini, putra daerah kami akan menjadi contoh di berbagai sirkuit internasional dan terus membawa nama baik Indonesia di kancah dunia.” tutup Priandhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya