Video Viral Keluhan Konsumen Pikap Esemka, Suku Cadang Sulit Ditemukan

VIVA Otomotif: Presiden Jokowi melihat mobil Esemka di pameran IIMS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, VIVA – Esemka sebagai merek mobil nasional telah memulai debutnya pada November 2012 lalu, dan dianggap menjadi kendaraan politik Presiden Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

Hoaks Politik Jelang Pilkada Paling Banyak di TikTok, Menurut Mafindo

Mobil ini diketahui dibangun di bengkel seorang pria bernama Sukiyat bersama dengan anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pada 2018, nama merek Esemka muncul di daftar uji tipe Kementerian Perhubungan dan setelah hampir tujuh tahun, akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi yang menghadirkannya ke publik.

Terpopuler: Keluhan Pengguna Esemka Bima, Dispensasi SIM Mati

Produk perdana mereka yakni mobil pikap Esemka Bima resmi diluncurkan pada September 2019. Kendaraan ini terdiri dari tiga varian, Bima 1.2, BIMA 1.3, hingga Bima EV.

5 Kritik Ferry Irwandi ke Willie Salim: dari Konten Giveaway hingga Kebohongan soal Pendapatan Rp1 M

Sayangnya, Esemka Bima belum terlalu banyak beredar di jalan raya. Namun baru-baru ini, terdapat sebuah video di TikTok yang menunjukkan keluhan konsumen terhadap mobil Esemka Bima.

Dikutip VIVA dari akun TikTok @PetingWaras pada Sabtu, 14 September 2024, video tersebut menunjukkan pikap Esemka sedang mengalami kerusakan dan pemilik dari kendaraan mengungkapkan kekecewaannya dalam rekaman video tersebut.

Dalam tayangan tersebut, terdapat keterangan yang menunjukkan pemilik pikap Esemka ini mengeluhkan suku cadang kendaraan yang sulit ditemukan.

Terlihat, bagian kabin Esemka Bima sedang dibongkar oleh pemilik. Diduga, kerusakan terletak di bagian Engine Control Unit (ECU) yang mati, jadi tidak bisa digunakan kendaraannya.

"Tolonglah SMK (Esemka), kalau mobil belum siap jangan dijual dulu. Mobil tahun 2020 sudah rusak, sparepart tidak ada. ECU mati tapi bingung mau belinya di mana. Terpaksa hanya jadi besi rongsokan," tulis keterangan unggahan video tersebut.

Video di TikTok ini pun turut dibanjiri komentar oleh para warganet. Banyak yang malah menyalahkan orang-orang yang memilih membeli mobil Esemka.

"Siapa suruh beli mobil SMK bro?.." tulis warganet.

"Pake ECUnya dari China itu bang, soalnya Esemka basis mobil China tapi gua lupa merek apa, setahu gua sh gitu bang, kalau ada salah dikoreksi," kata pengguna TikTok.

"Saya pengguna Esemka 1.1 re-brand CHery transcab. Pernah kek gitu voniis ECU rusak. Udah beli online tetep aja gak hidup. gak taunya di wiring ada yang gak konek 1 pin. Itu harus cari montir yang telaten," ungkap netizen.

"Beli yang pasti-pasti aja, seperti Toyota, Daihatsu, MItsubishi, Hyundai... yang ada pabriknya di Indonesia," tulis netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya