Bocoran Sponsor Honda Pengganti Repsol di MotoGP 2025

Sponsor baru Honda di MotoGP
Sumber :
  • MotoGP

VIVA – Menyambut MotoGP 2025 sejumlah tim balap sudah mencoba motor baru mereka di Sirkuit Motorland Misano, Italia. Salah satu pabrikan yang sudah menguji perubahan motornya di musim depan adalah Honda.

Bahkan Honda sudah menerapkan aerodinamika baru di RC213V, dan menjadi perbincangan di media sosial. Selain itu, salah satu hal yang menarik perhatian logo sponsor baru pengganti Repsol juga menempel di fairing bawah.

Terlihat motor yang ditunggangi Luca Marini, dan Joan Mir untuk musim depan saat uji coba di Misano secara desain livery tidak berbeda jauh dengan model saat ini, memadukan warna biru, putih, merah, dan hitam, tidak ada lagi warna oranye ciri khas Repsol.

Adapun yang terlihat sangat berbeda adalah fairing didominasi warna hitam, dan terdapat logo baru bertuliskan Pro Honda di sebelah logo HRC (Honda Racing Corporation). Diketahui, Pro Honda merupakan brand pelumas yang dipasarkan oleh jenama asal Jepang tersebut.

Namun oli buatan pabrik Honda itu hanya dipasarkan di beberapa negara, salah satunya Amerika. Sedangkan di Indonesia, pelumas buatan brand berlogo sayap mengepak itu SPX, dan MPX yang dikelola oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen.

Repsol yang merupakan brand pelumas asal Spanyol akhirnya mengumumkan untuk berhenti bekerjasama dengan Honda di ajang MotoGP 2025. Sudah banyak sejarah yang ditulis antar kedua brand.

Repsol Honda dengan ciri khas warna oranye telah memenangkan 15 gelar pembalap bersama Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner dan terakhir Marc Marquez.

Honda berpisah dengan pelumas motor yang sudah jadi sponsor mereka selama 30 tahun, atau sejak 1995. Ini mengakhiri salah satu kemitraan tersukses dalam sejarah olahraga ini.

"Repsol tidak akan memperbarui kontrak sponsornya saat ini dengan Honda Racing Corporation (HRC) untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, yang berakhir pada tanggal 31 Desember tahun ini," tulis keterangan resmi Repsol, dikutip Crash.net.

Repsol Honda belum pernah meraih kemenangan di MotoGP sampai saat ini, terakhir Marc Marquez bersama Honda, di Misano pada tahun 2021. Hingga akhirnya, Marquez pergi ke Gresini Racing di akhir musim lalu.

Jorge Martin Merasa Jadi Orang Bodoh Usai Gagal Gabung Ducati dan Ketikung Marquez