Bukan Anti Peluru, Begini Spesifikasi Mobil Paus Fransiskus di RI

Kedatangan ini merupakan bagian dari rangkaian perjalanan apostolik yang dilakukan Paus ke berbagai negara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA – Paus Fransiskus yang merupakan pimpinan tertinggi Gereja Katolik asal Roma, Italia akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Menariknya, selama berada di RI, dia tidak menggunakan mobil khusus.

Paus Fransiskus Tiba di Singapura, Ini Jadwalnya Selama 2 Hari

Meski memegang peran penting dalam keagamaan, kendaraan yang digunakan Paus Frasiskus bukan anti peluru seperti yang digunakan kepala negara, melainkan mobil sejuta umat yang digunakan oleh masyarakat umum.

Penampakan Mobil All New Kijang Innova Zenix terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Terpopuler: Mobil Mewah Maarten Paes, Motor Bebek Baru Yamaha

“Mobil sipil yang digunakan Sri Paus adalah Toyota Kijang Zenix ya,” ujar Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Ignasius Jonan kepada wartawan, dikutip, Selasa 3 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merilis Innova Zenix, ditawarkan dalam versi konvensional sebanyak 4 varian, dan Innova Zenix Hybrid terdapat 10 varian termasuk warna premiumnya.

Cerita Dirut Garuda Temani Paus Fransiskus Menuju Papua Nugini: Ada Curhat Sedikit

Mobil keluarga yang ditawarkan dengan konfigurasi 6-penumpang dengan captain seat di baris kedua, dan 7-penumpang tersebut menjadi produk hybrid pertama Toyota yang diproduksi di dalam negeri.

Kijang Innova Zenix dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat dengan kandungan komponen lokal sebesar 60 persen untuk varian hybrid, dan tipe bensinya mencapai 85 persen.

Innova generasi ketujuh itu mengandalkan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang serupa dengan Voxy, dibekali fitur-fitur canggih, diantaranya sistem keselamatan Toyota Safety Sense 3.0 untuk varian tertinggi.

Jantung pacunya ada dua pilihan, untuk tipe konvensional mengandalkan mesin bensin 4 silinder M20A-FKS berkapasitas 1.987cc dengan tenaga maksimal 174 PS di 6.600 rpm, dan torsi 204,9 Nm di 4.500-4.900 rpm.

Sementara varian hybrid memiliki mesin bensin 4 silinder M20A-FXS 1.987cc. Tenaga maksimalnya 186 PS di 6.000 rpm, dam torsi 187,3 Nm di 4.400-5.200 rpm. Untuk motor listriknya bertenaga 113 PS, dan torsi 205,9 Nm.

Soal sistem keamanannya, Kijang Innova Zenix Hybrid yang akan ditumpangi Paus dibekali Toyota Safety Sense (TSS), di dalam teknologi tersebut bersarang sejumlah fitur untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang bekerja sesuai kondisi mobil, dengan membaca marka jalan, objek di sekitar, dan mengendalikan pengereman secara otomatis, ataupun gas.

Fitur-fitur yang dimaksud meliputi Pre-Collision System. Lane Departure Alert dan Lane Tracing Assist, Dyna,ic Radar Cruise Control. Auto High Beam, di luar itu masih ada Vehicle Stability Control, 6-airbags, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya