12 Tahun Absen Moreno Soeprapto Juara di Porshce Sprint Challenge Mandalika

Moreno Soeprapto juara balap Porsche di Mandalika
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Bagi pecinta balap sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Moreno Soeprapto. Pembalap senior yang kini menjadi anggota DPR fraksi Partai Gerindra tersebut baru-baru ini kembali berlaga di balap mobil sport.

Mobil Termahal di GIIAS 2024 Ini Curi Perhatian Pengunjung

Meski 12 tahun absen, namun Moreno Soeprapto berhasil menunjukkan tajinya di ajang Porsche Sprint Challenge yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu 1 September 2024.

Moreno Soeprapto juara balap Porsche di Mandalika

Photo :
  • Istimewa
Banyak Pilihan Mobil Sedan Terbaru di GIIAS 2024, Ini Daftarnya

Mantan pembalap F3 tersebut berhasil menjadi yang tercepat dengan mengendarai Porsche 911 GT3 di bawah bendera AMM Motorsport (Ananda Mikola Moreno), pada race kedua catatan waktunya 25 menit lebih 06.400 detik.

Bermodal jam terbang, mantap pembalap Formula Ford tersebut berhasil menaklukan sirkuit, bahkan Moreno juga mencetak catatan waktu terbaik, atau best lap 1:36,602 menit.

Konsumen Rasakan Geber Yamaha R15 Connected Series di Mandalika

“Alhamdulillah, akhirnya bisa meraih P1 pada Porsche Sprint Challenge Indonesia session 2024 round pertama ini. Terima kasih kepada istri saya, mas Nanda, teman-teman dan kru AMM Motorsport yang telah mendukung, sehingga saya bisa mendapatkan hasil terbaik” ujarnya, dikutip dari keterangan resminya, Senin 2 September 2024.

Menurut mantan pembalap A1GP tersebut tujuannya kembali turun di ajang balap internasional tersebut untuk kembali meramaikan dunia motorsport, khususnya kemajuan balap mobil di Indonesia.

“Tujuan lebih lanjut saya ingin ikut memajukan motorsport di Tanah Air. Mudah-mudahan kami bisa ikut mengembalikan Sirkuit Internasional Sentul sebagai sirkuit bertaraf internasional,” tuturnya.

Sebelum meraih juara pertama di race kedua, dan menjadi yang tercepat, Moreno Soeprapto juara kedua di race pertama yang digelar, Sabtu 31 Agustus 2024, di mana pada saat itu Daffa AB dari Rizky Motorsport menjadi juara pertama.

Namun di sesi kedua, politisi Gerindra tersebut berhasil mencatatkan waktu terbaiknya hingga keluar menjadi yang tercepat, sedangkan juara keduanya pada saat itu adalah Luckas Dwinanda dari Engineplus Motorsport, dan ketiga Reindy Riupassa dari ASC Motorsport.

Porsche Sprint Challenge merupakan ajang balap khusus mobil sport Porsche GT3 yang digelar di berbagai belahan dunia oleh brand asal Jerman terebut, dan di Indonesia pertama kali berlangsung sejak 2023.

Untuk tahap awal Porsche Sprint Challenge Indonesia digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Lombok sejak akhir tahun lalu dengan meperlombakan dua kelas, yaitu sprint race dan endurance.

Untuk kelas individual sprint race waktu balapnya 25 menit. Sedangkan balap ketahanan alias endurance waktunya 45 menit, di mana satu mobil terdapat dua pembalap yang akan bergantian mengendarai GT3.

Di atas kertas, dalam kondisi standar Porsche GT3 menggendong mesin segaris 6 silinder berkapasitas 4.000cc tanpa turbo yang berada di belakang. Enjin tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal 502 dk, dan torsi 469,1 Nm.

Seluruh tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan denan Porsche Torque Vectoring, atau Porshce Doppelkupplung, atau PDK 7-percepatan sebagai opsional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya