Segini Jumlah SPBU Pertamina yang Tidak Menjual Pertalite

ilustrasi harga BBM dan SPBU Pertamina (dok: Pertamina)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – PT Pertamina Patra Niaga menegaskan bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite masih tersedia di mayoritas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di seluruh Indonesia.

Teknologi Olah Minyak Jelantah Jadi Avtur Sudah Siap, Pertamina Beberkan Kendalanya

Hingga saat ini, Pertalite dapat ditemukan di 7.516 SPBU, yang mencakup sekitar 97% dari total 7.751 SPBU yang beroperasi di bawah Pertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, memastikan masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan Pertalite di setiap wilayah.

Viral Pemilik Mobil Ngamuk Tak Bisa Isi BBM Subsidi karena Pelat Nomor Baru

"Pertalite masih tersedia di setiap wilayah, kalaupun ada yang tidak menjual, itu hanya sekitar 3% dari total SPBU di seluruh Indonesia," ujarnya, dikutip VIVA dari keterangan resmi, Sabtu 31 Agustus 2024.

Petugas SPBU melayani masyarakat dengan mengisi BBM jenis Pertalite (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Cara Cepat dapat QR Code Penggunaan Pertalite sebelum Pembatasan

Sebanyak 3% SPBU yang tidak menjual Pertalite, menurut Heppy, umumnya berlokasi di daerah komersial, pemukiman menengah, atau area yang tidak dilewati jalur transportasi publik.

Selain itu, kebijakan ini juga berlaku bagi SPBU-SPBU baru yang belum memasukkan Pertalite dalam daftar produk mereka. Keputusan ini diatur oleh Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas dengan mempertimbangkan berbagai aspek strategis.

Di wilayah Regional Jawa Bagian Barat, yang mencakup Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, Pertalite masih tersedia di sebagian besar SPBU.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan, menyebutkan bahwa dari total SPBU yang menyalurkan Pertalite secara nasional, 21,6% di antaranya berada di wilayah ini.

"Saat ini terdapat 1.624 SPBU di wilayah operasional Regional Jawa Bagian Barat yang masih menyalurkan Pertalite atau sekitar 21,6% dari total nasional. Kami berharap agar penyaluran Pertalite ini dapat tepat sasaran. Kami juga terus berkomitmen untuk menyediakan bahan bakar berkualitas di seluruh SPBU Pertamina," ungkap Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya