Sepeda Motor Isi Pertalite Wajib Pakai QR Code?

Pengisian BBM subsidi pertalite pakai QR code
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – PT Pertamina Patra Niaga memastikan, ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh pemerintah.

Konsumsi BBM Mobil Toyota Ini Setara Motor Matik

Langkah ini merupakan bagian dari upaya perusahaan pelat merah itu, untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat sesuai dengan penugasan dari pemerintah.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa pihaknya terus berkomitmen menyediakan Pertalite sesuai dengan kuota dan titik layanan yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Pemerintah Tegaskan Bakal Perbaiki Kualitas BBM Subsidi, Harga Takkan Naik

Pertamina menjadikan SPBU sebagai one stop service yang nyaman bagi masyarakat

Photo :
  • Pertamina

"Pertalite adalah salah satu BBM subsidi yang diatur oleh regulator agar tepat sasaran. Pengaturan ini mencakup titik-titik SPBU yang menjual BBM subsidi dengan mempertimbangkan jalur transportasi umum, tidak berada di area pemukiman menengah ke atas, dan di luar daerah industri," ujarnya, dikutip VIVA dari keterangan resmi, Jumat 30 Agustus 2024.

Luhut Targetkan Aturan Pembatasan BBM Subsidi Rampung Oktober

Sebagai bagian dari upaya memastikan subsidi tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga melakukan pendataan pengguna BBM subsidi melalui pendaftaran QR Code.

"Kami mengajak masyarakat untuk bijak menggunakan BBM subsidi dan membantu pemerintah mengidentifikasi pengguna BBM bersubsidi dengan menggunakan QR Code sebagai syarat untuk membeli Pertalite," tuturnya.

Untuk memastikan penyaluran Pertalite terkontrol, Pertamina Patra Niaga melayani pengisian Pertalite melalui QR Code bagi kendaraan yang sudah terdaftar dan mencatatkan nomor polisi kendaraan bagi yang belum mendaftar.

Program ini sudah mulai diintensifkan di wilayah Jawa, Madura, Bali (JAMALI), dan sebagian wilayah non-Jamali seperti Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, menambahkan bahwa pendaftaran subsidi tepat Pertalite hanya diberlakukan untuk kendaraan roda 4, sementara roda 2 dan 3 belum diwajibkan.

"Kami juga telah menyiapkan Help Desk di SPBU untuk membantu masyarakat dalam proses pendaftaran," jelas Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya