Kuburan Mobil Jadi Surga Spare Part Copotan, Punya Banderol Murah

Spare part copotan di kuburan mobil
Sumber :
  • Arianti Widya

Bogor, VIVA – Suku cadang mobil umumnya dikenal memiliki harga yang cukup mahal, terutama jika komponen yang dibutuhkan merupakan bagian vital dari kendaraan.

Pencarian Harun Masiku, KPK Temukan Mobilnya yang Diparkir Bertahun-tahun

Kendati demikian, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebutuhan suku cadang dengan harga sangat terjangkau, yakni mendatangi "kuburan" mobil atau tempat dimana banyak kendaraan terbengkalai parkir di lokasi ini.

Di Kota Bogor, ada beberapa tempat yang menyediakan spare part copotan dari mobil bekas. Salah satu di antaranya berada di wilayah Parung.

Harga Masih Misteri, Chery Klaim iCar 03 Telah Terpesan 150 Unit Lebih

Jali sebagai pelaku bisnis bangkai mobil di Parung, Bogor ini mengungkapkan bahwa pihaknya menjual berbagai macam jenis spare part mobil, mulai dari pintu, jok, spion, lampu depan dan belakang, knalpot, ban, pelek, mesin, shockbreaker, dan masih banyak lainnya.

Kuburan mobil terbengkalai

Photo :
  • Arianti Widya
Uji Tabrak Toyota Raize Buatan Indonesia Cuma dapat 1 Bintang

"Kalau di sini sih banyak ya, kita gabungkan jadi satu jenis. Ini juga spare part nya dari beragam model kendaraan, ada yang dari Toyota, Honda, Mazda, Nissan," ujarnya saat ditemui VIVA di Parung, Bogor.

Ia pun menyampaikan bahwa konsumen yang biasa datang ke tempat bisnisnya tersebut merupakan orang bengkel.

"Untuk konsumen sih kebanyakan orang bengkel ya, mereka butuh spare part atau apa. Nanti mereka  pilih mau yang mana. Misal, mereka butuh mesin mobil, nah itu pasti ada montirnya buat ngecek masih berfungsi atau enggak," kata Jali.

Terkait harga, Jali mengatakan ada perbedaan tergantung pada merek yang dicari dan jenis spare part apa yang dibutuhkan.

"Harga mah beda-beda, tergantung merek mobilnya. Misal, jok antara Toyota dan Honda harganya bisa beda. Spare partnya Honda bisa lebih mahal," terangnya.

Spare part copotan di kuburan mobil

Photo :
  • Arianti Widya

Adapun, harga banderol dari spare part yang ditawarkan ini dikatakan cukup murah. Bahkan, ada yang di bawah Rp100 ribuan.

"Kalau di bawah Rp100ribuan ada, tapi untuk komponen plastik-plastik aja sih kayak bracket spion, ya yang ukurannya kecil lah," kata Jali.

Ia menambahkan, "Ada juga yang ratusan ribu sampai belasan juta rupiah harganya. Kayak, lampu belakang itu paling Rp250ribuan. Lampu belakangnya Rp750ribuan. Jok mobil full set mulai dari Rp1,5 juta - Rp3 juta. Ada pintu mobil, mulai dari Rp2,5 juta - Rp5 juta.

Menurut Jali, harga tersebut tergantung dari merek yang dicari, serta konsumen yang berminat bisa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai antar kedua belah pihak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya