Marc Marquez Pakai Indentitas Bersejarah yang Mengharukan di MotoGP Inggris

Marc Marquez dan motor balap pendiri Gresini Racing
Sumber :
  • Dok. Gresini Racing

VIVA – MotoGP Inggris yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu 4 Agustus 2024 menjadi momen bersejarah bagi ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut, yang sudah menginjak usia 75 tahun.

Terpopuler: Lewis Hamilton Beli Tim MotoGP, Pria Ngamuk Hancurkan Motor Diler

Grand Prix, atau adu kebut para para itu sudah ada sejak 1949. Untuk merayakan usianya yang sudah melebihi setengah abad tersebut semua tim menggunakan livery khusus berdasarkan sejarah masing-masing.

Ducati Desmosedici GP23 Livery Khusus Gresini Racing

Photo :
  • Dok. Gresini Racing
Sudah 2 Kali Menang, Marc Marquez Mulai Berani Pikirkan Gelar Juara Dunia?

Salah satunya Gresini Racing yang diperkuat Marc Marquez, dan Alex Marquez. Tim satelit Ducati yang kini dikelola Nadia Padovani itu menjadi salah satu saksi perjalanan MotoGP sejak beberapa puluh tahun lalu.

“Arogansi di aspal dari 1987,” tulis status Gresini Racing, dikutip Jumat 2 Agustus 2024.

Penumpan Penyeberangan Diproyeksi Naik 3 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika, ASDP Siapkan Ini

Mendiang Fausto Gresini yang merupakan suami Nadia adalah seorang pembalap legendaris, namanya meroket saat bergabung dengan Tim Garelli di 1987.

Pada saat itu pembalap dengan nomor 2 tersebut menunggangi motor dengan balutan warna putih, diengkapi garis hijau, dan merah dari fairing depan sampai ke bodi belakang yang menjadi ciri khas bendera Italia.

Kemudian tangkinya warna silver seperti polesan, tidak ketinggalan sponsor yang menempel di motor tersebut melputi DID yang tersemat di swing arm, lalu Kodak, Stella Artois, Michelin, MDS, Alpinestars.

Kuda besi yang menjadi andalan Fausto di kelas GP125 itu membawanya meraih 10 kemenangan dari total 11 balapan. Setelah sukses berkarir sebagai pembalap, memasuki 1997 dia mendirikan tim Gresini Racing.

Sudah banyak gelar juara yang diraih Gresini Racing saat di bawah kepempinan sang pendiri, sekaligus manajer tim. Mulai dari juara GP250 di 2001, lalu 2010 juara Moto2, memasuki 2018 juara Moto3, dan terbaru MotoE di 2019.

Sayangnya pada 2021, Fausto Gresini meninggal dunia setelah terserang covid-19, dan kini tim balapnya tersebut dikelola oleh istri tercintanya.

Untuk mengenang sejarah panjang lahirnya tim satelit tersebut, Ducati Desmosedici GP23 yang dikendalikan Marc Marquez, dan Alex Marquez mengaplikasikan livery motor yang digunakan oleh pendiri Gresini tersebut.

Tentu yang membedakan adalah sponsor, baik yang menempel di motor, baju balap, serta helm Shoei di MM93. Namun secara garis besar, warnanya sudah serupa memadukan putih dengan garis bendera Italia, serta silver di tangki.

Momen MotoGP Inggris 2024 ini tentu mengharukan buat Nadia Padovani setelah ditinggal suaminya. Kini momen kejayaan pendiri Gresini Racing itu akan dilakoni Marc Marquez dengan motor yang lebih moderen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya