Resmi Berakhir, Jumlah Pengunjung GIIAS 2024 Meningkat Sedikit

GIIAS 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Tangerang – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 resmi berakhir hari ini. Dengan menghadirkan lebih dari 55 merek dari segmen kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor.

Dukung Pertumbuhan Dunia Kecantikan, Cosmetic Toll Manufacturer Expo 2024 Hadir di Jakarta

Tercatat, jumlah pengunjung GIIAS 2024 mengalami sedikit peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini diutarakan oleh Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Data (pengunjung GIIAS 2024) sebenarnya belum selesai rekap. Namun perkiraan naik dua persen sampai lima persen dari tahun lalu," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di ICE BSD, Tangerang.

Warga Berbondong-bondong Penasaran Mau Lihat IKN Nusantara

Meski mengalami sedikit peningkatan, Nangoi menyampaikan cukup senang karena masyarakat masih antusias menghadiri ajang bergengsi tahunan ini.

"Cukup melegakan karena animo atau keinginan masyarakat untuk datang cukup baik, jadi ada peningkatan," kata Nangoi.

BYD Kalahkan Wuling hingga Hyundai sebagai Mobil Listrik Terlaris Agustus 2024

Closing Ceremony GIIAS 2024

Photo :
  • Arianti Widya

Terkait angka transaksi penjualan di GIIAS 2024, Nangoi belum bisa mengungkapkannya karena masih dalam perhitungan.

"Transaksi juga belum direkap, tapi saya tanya beberapa merek ada yang flat, ada yang sedikit turun, ada yang agak naik. Namun yang pasti, untuk mobil-mobil yang pendatang baru cukup puas dengan penjualan mereka sampai saat ini," ungkapnya.

Adapun, GIIAS 2024 sudah diramaikan oleh beragam merek kendaraan bermotor dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, China dan negara-negara Eropa, termasuk 31 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling.

Empat merek dari kendaraan komersial hadir, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, UD Trucks.

Serta 20 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta dan ZPT.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, tiga merek Karoseri juga turut memeriahkan pagelaran GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Kemudian terdapat lebih dari 120 merek peserta dari industri pendukung juga tak mau kalah untuk memamerkan inovasi dan teknologi terbaru produk dalam penyelenggaraan GIIAS 2024

Untuk penyelenggaraan tahun depan, Nangoi memastikan GIIAS 2025 masih akan berlangsung di ICE BSD, Tangerang alias tidak ada perpindahan tempat.

"Kita masih mendengar masukan-masukan. Tapi kita belum memutuskan untuk perpindahan tempat, tapi yang pasti tahun depan pameran GIIAS masih berlangsung di ICE BSD," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya