Truk Listrik Fuso eCanter Bakal Seliweran di Wilayah Ini

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter di GIIAS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tangerang, 25 Juli 2024 – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), baru-baru ini memperkenalkan Fuso eCanter sebagai truk listrik ringan pertama di Indonesia.

Aptrindo Sebut Truk Listrik Bukan untuk Pilihan Masa Kini

Peluncuran dilakukan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show alias GIIAS 2024, yang saat ini sedang digelar di ICE BSD City, Tangerang,

Sales and Marketing Director PT KTB, Aji Jaya mengungkapkan strategi pemasaran serta rencana ekspansi produk ini ke luar wilayah Jabodetabek. Menurutnya, tahap awal pemasaran eCanter fokus di wilayah Jabodetabek.

Aptrindo Ungkap Truk Listrik Hanya Cocok Digunakan untuk Perkotaan

"Tahap awal ini, eCanter hanya kami pasarkan di wilayah Jabodetabek karena target konsumen yang menjadi sasaran utama adalah perusahaan logistik besar, yang mayoritas berada di Jakarta," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di GIIAS 2024.

Sales and Marketing Director PT KTB, Aji Jaya

Photo :
  • PT KTB
Hambatan Pengembangan Industri Truk Listrik di Indonesia

PT KTB melihat Jakarta sebagai pusat dari aktivitas perusahaan logistik besar, yang menjadi target utama untuk produk truk listrik ini. Sementara mengenai ekspansi pemasaran ke luar Jabodetabek, Aji Jaya mengungkapkan bahwa hal itu masih dalam tahap studi.

"Mengenai kapan waktu pemasaran di luar Jakarta, sampai saat ini kita belum memiliki target waktu yang pasti. Namun, melihat profil konsumen di kota-kota besar seperti Surabaya atau Medan yang juga memiliki banyak perusahaan logistik, tentunya ini menjadi salah satu bahan studi kami," tuturnya.

Aji Jaya menegaskan, bahwa sebelum memutuskan untuk ekspansi, PT KTB akan terlebih dahulu mengevaluasi respons pasar dan kinerja eCanter di Jabodetabek.

"Kami akan memaksimalkan yang ada, sekalian mengevaluasi respons pasarnya seperti apa, dan melihat performa produk seperti apa sebelum kami berpikir untuk ekspansi ke kota lain," jelasnya.

Prototipe truk listrik MAB

Truk Listrik MAB Siap Beroperasi di IKN

Ketua Umum Periklindo, Moeldoko mengungkapkan truk listrik buatan Mobil Anak Bangsa (MAB) siap beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024