Buka GIIAS 2024, Wapres Ma'ruf Amin Tekankan Empat Hal Ini

GIIAS 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Tangerang – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS, yang berlangsung pada 18-28 Juli 2024 di ICE BSD, Tangerang resmi dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin.

Hadirkan Ribuan Produk Inovatif, Asia Gift Fair Indonesia 2024 Gaungkan Kolaborasi dan Investasi

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyoroti industri otomotif global yang kembali pulih setelah mengalami pandemi Covid-19.

"Saat ini, industri otomotif telah bertumbuh lebih baik setelah Covid-19. Sektor ini pun menjadi salah satu motor penggerak industri nasional," ujarnya dikutip VIVA Otomotif dalam acara pembukaan GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Inovasi Baru dari Jerman Hadir di IIPE 2024

Kemudian, Wapres juga menekankan empat hal utama yang perlu dilakukan untuk lebih meningkatkan industri otomotif Indonesia.

Pembukaan GIIAS 2024

Photo :
  • Arianti Widya
Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Amphuri

"Pertama, tingkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar internasional. Hal ini mengingat industri otomotif berpotensi besar dalam jutaan lapangan kerja baru," jelasnya.

Kedua, Wapres mengatakan untuk terus memacu inovasi dengan mengamati prospek dan tetap mempertimbangkan kapasitas, serta kemampuan konten lokal.

"Kita harus responsif terhadap perubahan teknologi, karena ini bisa meningkatkan daya saing untuk produk otomotif Indonesia agar bisa lebih kompetitif di pasar global yang semakin dinamis," tuturnya.

Ketiga, Wapres Ma'ruf Amin ini menyampaikan agar para pelaku industri otomotif bisa mengoptimalkan kapasitas produksi dan tingkatkan ekspor.

"Dorong efisiensi produk dan optimalkan pemakaian komponen lokal dengan memperluas keterlibatan industri kecil dan menengah," tegasnya.

Terakhir, Wakil Presiden Indonesia ini juga meminta untuk memperluas kerja sama dan kolaborasi antar pelaku usaha dalam penelitian dan pengembangan ekosistem kendaraan energi terbarukan.

"Saya berharap kegiatan ini memacu kemandirian industri otomotif nasional dan memperkuat posisi Indonesia di kancah Internasional," kata Ma'ruf.

Dalam kesempatan yang sama, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo mengatakan pameran GIIAS 2024 ini berhasil memecahkan rekor dengan area pameran terluas dan jumlah merek terbanyak, yaitu 55 merek kendaraan dan 120 industri pendukung.

"Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan industri otomotif," tutur Nangoi.

Adapun, pameran GIIAS tahun ini menjadi salah satu pameran otomotif terbesar di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok.

Sebagai informasi tambahan, bagi masyarakat yang akan berkunjung bisa membeli tiket GIIAS 2024 dengan dua cara.

Cara pertama dengan mengunduh aplikasi Auto360 yang bisa diperoleh melalui PlayStore atau AppStore pada smartphone, atau buka website di tautan www.auto360.id.

Tiket yang ditawarkan dengan harga spesial (Senin-Jumat) Rp50.000 dan weekend (Sabtu-Minggu) Rp100.000.

Sementara itu, pengunjung juga dapat membeli secara on the spot (OTS) dengan membayar Rp75.000 untuk weekdays dan Rp125.000 untuk weekends.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya