Alami Rem Blong, Mobil LMPV Tabrak Pemotor di Sitinjau Lauik

Kecelakaan di Sitinjau Lauik
Sumber :
  • Instagram

Sumatra – Kasus rem blong sering terjadi di jalanan menurun dan dapat memicu kecelakaan fatal. Ketika rem kendaraan tiba-tiba tidak berfungsi, pengemudi bisa kehilangan kendali atas laju kendaraan.

Detik-Detik Sejoli di Cengkareng Disiram Air Keras oleh Pemotor Lain

Hal tersebut bisa mengakibatkan tabrakan dengan kendaraan lain, menabrak pembatas jalan, atau bahkan keluar dari jalur.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, terdapat sebuah video viral di media sosial menunjukkan mobil Daihatsu Xenia sedang melaju di turunan panjang dan menyalip beberapa truk yang berada didepannya.

Catat! Ini Bocoran Daftar Kendaraan yang Boleh Beli BBM Subsidi Per 1 Oktober 2024

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Instagram @Kaba.bukittinggi pada Selasa, 16 Juli 2024, saat jalan agak menikung di turunan tersebut, pengemudi mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini seperti tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Berdasarkan keterangan unggahan video, mobil Daihatsu Xenia ini mengalami rem blong.

Video Aksi Pemotor Jual Sayur Keliling Kawal Ambulans

Kondisi tersebut mengakibatkan, pengemudi tidak bisa mengemudikan kendaraannya dengan baik sehingga menabrak dan melindas sepeda motor yang berada di sisi kiri jalan.

Terlihat dalam video, pengendara motor tersebut sampai terlempar dari kendaraannya. Diketahui, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Peristiwa ini terjadi di Sitinjau Lauik, ruas jalan lintas Sumatra di rute Kota Padang-Arosuka-Solok.

Video ini sontak mendulang beragam komentar dari para pengguna media sosial Instagram. Banyak yang menyalahkan aksi pengemudi mobil karena tidak menabrakan diri ke tembok pembatas jalan yang berada di sisi kiri.

"Bukannya ditabrakin ke beton pembatas malah ditabrakin ke orang blok!" tulis warganet.

"Beda kelas sama sopir mobil truk, yang milih nabrakin dinding daripada orang," tutur satu pengguna Instagram.

"Gak klakson, gak oper gigi, gak banting setir ke kiri.. dahlah," kata warganet lainnya.

"Bukannya di tabrak ke dinding. Malah milih ngelindas orang," tulis satu netizen.

Untuk diketahui, melansir dari laman resmi Astra Daihatsu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat mobil secara mendadak mengalami rem blong, seperti berikut:

Pompa terus rem mobil

Ketika rem mendadak blong, langkah yang bisa diambil yaitu dengan terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Apabila mobil beralih ke anti locking braking (ABS), pengemdi harus terus memompanya. Nantinya lama kelamaan, tekanan pada rem pun akan kembali seperti sedia kala.

Gunakanlah rem tangan

Dalam mengatasi rem yang blong mendadak, pengemudi juga bisa melakukannya dengan mengaplikasikan rem tangan secara perlahan.

Tarik rem tangan dengan hati-hati serta rasakan gigitannya pada bagian caliper roda. Jika memang rem terasa sudah menggigit, jangan langsung dilepaskan, biarkan saja hingga laju mobil melambat.

Selain itu, atur juga tekanan rem tersebut agar pengemudi tidak mendadak kehilangan kendali. Perlu diingat, jangan melakukannya secara mendadak, sebab itu bisa membahayakan.

Tekan klakson dan lampu hazard

Pengemudi bisa menekan klakson dan menyalakan lampu hazard mobil untuk memberikan sinyal kepada pengendara lainnya agar mengetahui bahwa ada kendaraan yang mengalami rem blong. 

Menabrak benda yang lunak

Kemudian, tabrakan mobil ke benda yang lunak seperti gundukan pasir, pagar, dan lainnya bisa mengembalikan kondisi rem. Dengan menabrakkan mobil ke benda dapat menghentikan laju mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya