Daftar 7 Jalan Tol yang akan Diberlakukan Pembayaran Tanpa Sentuh

Tol Bali Mandara
Sumber :
  • Instagram Bali Mandara

Jakarta, 9 Juli 2024 – Pemerintah Indonesia bersiap untuk mengimplementasikan sistem transaksi jalan tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di beberapa ruas tol utama.

Kondisi Kapolres Boyolali Usai Mobilnya Remuk Tabrak Truk Bawa Tiang Listrik di Batang

Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Berikut adalah tujuh ruas tol yang akan menjadi lokasi uji coba tahap awal penerapan sistem MLFF:

Tol Bali Mandara
Tol yang menghubungkan kawasan wisata Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Benoa di Bali ini akan menjadi salah satu lokasi uji coba sistem MLFF.

Mobil Kapolres Boyolali AKBP Yoga Kecelakaan di Tol Batang, Ajudan-Sopir Meninggal

Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)
Ruas tol pertama di Kalimantan Timur ini menghubungkan kota Balikpapan dengan ibu kota provinsi Samarinda. Penerapan MLFF di tol ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi perjalanan di kawasan tersebut.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan

Photo :
  • Jasa Marga
10 Tahun Memimpin, Jokowi Bangun 72 Persen Tol yang Ada di RI

Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi)
Sebagai salah satu tol tertua di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor dan Ciawi, penerapan MLFF di tol Jagorawi akan menjadi langkah besar dalam modernisasi sistem transaksi tol di Indonesia.

Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
Ruas tol ini merupakan salah satu jalur tersibuk yang menghubungkan Jakarta dengan wilayah industri di Cikampek. Penerapan MLFF diharapkan dapat mengurangi kemacetan di gerbang tol.

Tol Soedijatmo (Tol Bandara Soetta)
Tol yang menghubungkan Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini juga akan menerapkan sistem MLFF untuk mempercepat akses ke bandara.

Tol Dalam Kota Jakarta
Ruas tol yang melintasi pusat ibu kota ini akan menjadi salah satu lokasi penerapan awal MLFF, membantu mengurangi waktu perjalanan dan kemacetan di dalam kota.

Tol Ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1
Ruas tol yang mengelilingi Jakarta ini akan mengadopsi sistem MLFF untuk memperlancar arus lalu lintas dan mengurangi waktu tunggu di gerbang tol.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjelaskan bahwa penerapan MLFF akan dimulai dengan masa transisi menggunakan sistem Single Lane Free Flow (SLFF).

“Untuk tahap masa transisi sistem MLFF akan diterapkan di beberapa ruas yang masuk ke dalam perimbangan masa transisi,” tulis BPJT, dikutip VIVA Otomotif dari laman Korlantas Polri.

Sistem pembayaran tol tanpa berhenti ini akan dimulai secara penuh pada Oktober 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya