Bayar Tol Tanpa Sentuh Segera Diberlakukan, Catat Waktunya

Ilustrasi pembayaran tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Jakarta, 9 Juli 2024 – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan memberlakukan sistem transaksi jalan tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di tujuh ruas tol.

Jokowi Sebut Tol Balikpapan ke IKN Perkiraan Akan Selesai Pertengahan 2025

Uji coba tahap awal ini dilakukan di beberapa ruas tol utama yang sering diakses masyarakat, termasuk tol Jagorawi dan tol dalam kota Jakarta.

Badan Pengatur Jalan Tol, menjelaskan, bahwa penerapan sistem MLFF ini akan dimulai dengan masa transisi.

Aksi Nekat Pemotor Lewat Jalan Tol Tak Pakai Helm, Siap-siap Kena Pasal Ini

“Untuk tahap masa transisi sistem MLFF akan diterapkan di beberapa ruas yang masuk ke dalam perimbangan masa transisi,” tulis keterangan BPJT, dikutip VIVA Otomotif dari laman Korlantas Polri.

Transaksi Tol Nir Sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) diujicobakan di Tol Bali - Mandara.

Photo :
  • Antara/HO-Kementerian PUPR
Jokowi Resmikan 4 Ruas Jalan Tol di Aceh, Telan Biaya Rp 13,5 Triliun

Implementasi penuh MLFF akan dilakukan secara bertahap di seluruh ruas tol di Indonesia. Sistem ini memungkinkan pengguna jalan melaju tanpa harus berhenti di gerbang tol.

Namun, untuk tahap awal, pembayaran tol tanpa setop akan menggunakan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) yang masih menggunakan barrier dan tapping (hybrid).

Dalam skema SLFF, setiap mobil yang melintas di gerbang tol masih ditutup oleh palang yang akan terbuka setelah pembayaran terdeteksi.

Direktur Utama PT Roatex Indonesia, Attila Keszeg, badan usaha pelaksana sistem MLFF, menyebutkan bahwa sistem ini akan mulai diterapkan pada Oktober 2024.

Insha Allah,” ujarnya belum lama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya