Tikungan Maut di MotoGP Jerman Bikin Jari Tangan Marc Marquez Patah

Marc Marquez kecelakaan besar di MotoGP Jerman
Sumber :
  • Screenshot Instagram MotoGP

VIVA – Marc Marquez terlempar, dan terseret saat latihan bebas kedua MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat 5 Juli 2024. Padahal baby alien sempat menjadi yang tecepat saat latihan pertama, atau FP1.

Pembalap Gresini Racing itu terjatuh sangat keras di tikungan 11, atau belokan pertama ke kanan setelah tujuh kali tikungan bermanuver ke kiri. Saat memasuki tikungan maut itu, Marc Marquez tidak mampu mengkontrol motornya.

Warga Meninggal Tunggu Rombongan Jokowi di Sulsel, Begini Respon Istana

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Photo :
  • Twitter: Gresini Racing


Ducati Desmosedici GP23 yang ditungganginya tiba-tiba bergerak liar, hingga dia terpelanting, atau terlempar dari motor hingga terguling beberapa kali, dan terseret keluar lintasan, sampai memasuki gravel.

Cuaca dingin di Jerman diduga menjadi salah satu faktor yang membuat ban kurang gigit, atau kehilangan grip ika tidak terkena aspal, terutama pada bagian sisi luar yang berperan penting saat bermanuver.

Ditambah kondisi tikungan tersebut sangat unik, yang disebut jalur anti-clockwise alias berlawanan dengan arah jarum jam, sehingga dibutuhkan kendali maksimal saat memasuku dua tikungan dengan arah ke kanan tersebut.

Setelah insiden tersebut, Marc Marquez terlihat langsung bangkit, dan masih bisa berjalan namun tidak mampu melanjutkan sesi latihan. Sehingga gagal lolos saat FP2 tersebut, dan menduduki peringkat ke-13 dengan catatan waktu di FP1, yakni satu menit 20,384 detik.

Meski terlihat tidak ada apa-apa setelah terjatuh, ternyata melalui pemeriksaan tim medis, akibat kecelakaan itu juara MotoGP Jerman 11 kali tersebut mengalami patah tulang di jari telunjuk tangan kiri.

"Perasaan dengan motor bagus, tapi kecelakaan sore tadi berdampak besar di Sachsenring. Saya tidak khawatir dengan patah tulang di jari saya," ujar Marc Marquez dikutip dari Gresini Racing, Sabtu 6 Juli 2024.

Meski patah tulang itu dianggap hal yang biasa, namun juara dunia 8 kali itu khawatir terhadap memar yang dialaminya pada tulang rusuk.

"Tetapi memar pada tulang rusuk yang pasti paling mengganggu, dan mencegah saya melanjutkan sesi (latihan). Sekarang waktunya istirahat, dan besok pagi kita lihat kondisi fisikku seperti apa," tuturnya.

Bukan hanya Marc Marquez yang mengalami kecelakaan hebat saat sesi latihan, Fabio Di Giannantonio juga merasakan hal serupa. Pembalap VR46 Racing itu terguling ke gravel saat tikungan pertama ke kanan, dan motornya terlempar ke pagar angin.

Dalam sesi latihan kedua tersebut, Maverick Vinales menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 19,622 detik. Diikuti Jorge Martin, dan Miguel Oliveira.

Kira-kira dengan kondisi tersebut, apakah Marc Marquez mampu turun ke lintasan untuk mengikuti sprint race, atau sesi balap yang berlangsung Minggu 7 Juli 2024. 

Viral Video Aksi Pengejaran Sigra yang Sebabkan Kecelakaan, Netizen: Khas Sopir LCGC
Marc Marquez bersama kekasihnya Gemma Pinto

Lewis Hamilton Mau Beli Gresini Racing, Marc Marquez: Saya Gak Punya Uang Beli Tim F1

Lewis Hamilton dikabarkan akan membeli Gresini Racing, yang saat ini menjadi tim satelit Ducati di ajang MotoGP. Rumor itu beredar sejak MotoGP Belanda berlangsung di Sir

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024