Marc Marquez Salahkan Senggolan dengan Bastianini Usai Gagal Podium dan Penalti 16 Detik

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez
Sumber :
  • AP Photo/Eric Gay

Jakarta, 1 Juli 2024 –  Marc Marquez harus menerima kenyataan pahit pada balapan MotoGP Belanda, dengan finis di posisi 10 usai kena penalti. Pembalap Gresini Racing itu menyebut ada peran senggolan Enea Bastianini dalam hukumannya.

Klasemen MotoGP 2024: Francesco Bagnaia Masih Sulitan Geser Jorge Martin dari Nomor 1

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu 30 Juni 2024, Marquez menyelesaikan balapan di posisi keempat. Dia finis di belakang Enea Bastianini, Jorge Martin, dan Francesco Bagnania yang keluar sebagai pemenang. 

Usai balapan, ternyata Marquez terkena penalti seperti dilansir dari Autosport. Pembalap asal Spanyol itu terbukti melakukan pelanggaran aturan tekanan ban motor dan dijatuhi penalti 16 detik.

Sudah Gagal Podium, Marc Marquez Makin Apes Kena Penalti 16 Detik karena Ini

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Photo :
  • Twitter: Gresini Racing

Alhasil, posisi Marquez langsung merosot ke peringkat 10. Marquez menilai senggolan dengan Bastianini di putaran keenam terakhir turut mempengaruhi.

Francesco Bagnaia Juara MotoGP Belanda 2024, Marc Marquez Gagal Podium

Senggolannya membuat dia sempat melebar ke luar lintasan, hingga akhirnya finis di peringkat 4. Alhasil, Marquez cuma mengemas 4 poin saja usai turun ke posisi 10, setelah di sprint race MotoGP Belanda pun gagal finis.

"Sayang sekali, meskipun hanya terpaut sangat sedikit, kami berada di luar parameter teknis mengenai tekanan ban, dan oleh karena itu kami menerima penalti tersebut," kata Marquez dikutip VIVA Otomotif dari Crash.

"Sungguh disayangkan karena kami pergi dengan hanya memperoleh poin yang sangat sedikit: kami bisa saja meraih dua kali finis keempat, tapi."

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Photo :
  • Twitter: Gresini Racing

"Senggolan dengan Bastianini tentu saja berperan, tapi kami tidak mencari alasan. Aku toh menangani tekanan ban dengan baik sampai saat itu. Mari selesaikan akhir pekan ini, lalu mengalihkan fokus ke Jerman," pungkas eks pembalap Repsol Honda ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya