Tajir Melintir Ini Koleksi Mobil Dirut Kimia Farma yang Dicopot Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam konferensi pers di Gedung Danareksa, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi perusahaan farmasi pelat merah, salah satunya mencopot Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, David Utama yang digantikan Djagad Prakarsa Dwialam.

InJourney Bukukan Laba Bersih Rp 1,1 Triliun di 2023, Naik 211 Persen

Perubahan petinggi itu sesuai hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, atau RUPTS Kimia Farma, kemarin Selasa 25 Juni 2024. Namun di luar itu ada hal menarik, terkait mantan dirut tersebut.

Mobil Audi Q5 edisi terbatas di India

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Kimia Farma Rombak Jajaran Direksi dan Ungkap Penyebab Rugi Rp 1,82 Triliun di 2023

David Utama menjabat sebagai Dirut Kimia Farma sejak 2022, sebelumnya dia merupakan mantan Presiden Direktur PT Medela Potentia, atau anak usaha PT Dexa Medica sebagai perusahaan industri farmasi.

Sepak terjangnya di industri obat-obatan itu membuat kehidupannya sejahtera. Hal itu terlihat dari harta kekayaannya yang dilaporkan melalui LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), pada 2022.

Marselino Ferdinan Bisa Duet dengan Jebolan Liverpool Jika Gabung Oxford United

Laporan tersebut untuk pertama, dan terakhir kalinya. Tercatat co-founder Tigasatu Media Pratama itu memiliki kekayaan mencapai Rp31,113 miliar, dari angka tersebut tanah dan bangunan menjadi penyumbag terbesar.

Aset tanah dan bangunan David Utama nilainya Rp26 miliar, dan hanya ada dua lokasi, yaitu di Jakarta Selatan, dan Singapura. Lalu gimana dengan koleksi mobil yang dimilikinya?

Meski tergolong tajir melintir, mantan Presiden Direktur General Electric Indonesia itu hanya melaporkan dua unit koleksi mobil mewahnya yang secara total nilainya Rp1,7 miliar.

Pertama ada BMW 523i lansiran 2011 seharga Rp1,2 miliar, dan kedua Audi Q5 besutan 2013 yang nilainya ditaksir Rp500 juta, pada dua tahun lalu.

Mobil termahalnya adalah jenis sedan yang masuk varian kelas atas dari lineup BMW. Untuk kondisi bekasnya saat ini menurut platform jual beli online, hanya Rp200-300 jutaan dengan tipe, dan tahun produksi yang sama.

BMW seri 5 pada tahun itu masih berstatus impor, belum rakitan lokal PT Gaya Motor di Sunter seperti generasi terbarunya saat ini. Dibekali mesin bensin berkapasitas 2.497cc bertenaga 204 dk, dan torsi 250 Nm.

Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 8-percepatan ke roda belakang, fitur keamanan standarnya dilengkapi pengereman ABS (anti-lock brake system), dan EBD (electronic brake distribution).

Secara dimensi, BMW 523i milik David Utama lebih kompak dari seri 6, atau seri 7 sebagai varian termewah. Panjang keseluruhan 4.899 mili meter, lebar 1.860 mm, tinggi 1.464 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.968 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya