Transformasi Transportasi Hijau di Ubud oleh Toyota Mobility Foundation

Kendaraan elektrifikasi Toyota untuk program SMART @Ubud
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Ubud, 20 Juni 2024Toyota Mobility Foundation telah sukses menyelesaikan program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation atau SMART @Ubud, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkenalkan sistem transportasi hijau berbasis teknologi elektrifikasi dan digital di wilayah wisata premium Ubud, Bali.

Puluhan WN Taiwan Pelaku Scamming di Bali di Deportasi

Program yang berlangsung dari September 2023 hingga Mei 2024 ini akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Perhubungan Provinsi Bali.

Program SMART @Ubud memperkenalkan dua solusi mobilitas utama. Pertama, layanan antar-jemput menggunakan 10 unit kendaraan xEV yang beroperasi sesuai permintaan di pusat Ubud. Layanan ini dirancang untuk menghubungkan berbagai titik wisata utama dan situs populer di Ubud.

Jamin Layanan Wisata Tak Terganggu Peretasan PDN, Sandiaga Justru Khawatirkan Hal Ini

Kedua, pemasangan 9 monitor tampilan digital di sepanjang rute Trans Metro Dewata. Monitor ini memberikan visualisasi jadwal bus secara real-time untuk meningkatkan kenyamanan dan konektivitas pengguna transportasi umum.

Kendaraan elektrifikasi Toyota untuk program SMART @Ubud

Photo :
  • Toyota Indonesia
Sengaja Datang dari Jakarta, Pria Usia Senja Ini Senang Bisa Ikut Festival OWS 2024 di Bali

Toyota Indonesia memainkan peran penting dalam program ini dengan melakukan riset, perencanaan, dan komunikasi dengan pemangku kepentingan lokal. Dengan sistem mobilitas modern berbasis elektrifikasi dan data, program SMART @Ubud diharapkan menjadi role model untuk sistem transportasi hijau di wilayah wisata lainnya di Indonesia.

TMF yang didirikan pada Agustus 2014 oleh Toyota Motor Corporation, berkomitmen untuk mendukung mobilitas berkelanjutan. Yayasan ini bekerja sama dengan universitas, pemerintah, dan berbagai organisasi untuk mengatasi masalah mobilitas global.

Program SMART @Ubud adalah proyek pertama TMF di Indonesia setelah sebelumnya sukses di beberapa negara seperti Amerika, Eropa, Malaysia, Thailand, dan India.

“Kami harapkan small project ini sukses dan bisa dikembangkan suatu model bisnis yang visible dan sustain, sehingga ke depan bisa direplikasi dan dikembangkan di area wisata yang lain, serta mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan, sosial dan juga ekonomi,” ujar Presiden Direktur Toyota Indonesia, Nandi Julyanto, dikutip VIVA Otomotif di Bali.

Selain di Ubud, transformasi pariwisata hijau juga diterapkan di The Stones Hotel - Legian Bali, Autograph Collection. Hotel ini menyediakan layanan antar-jemput bandara dengan kendaraan elektrifikasi Toyota, termasuk Kijang Innova BEV, Prius PHEV, dan Yaris Cross HEV, sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap pariwisata berkelanjutan.

“Toyota selalu berkomitmen dan mendukung upaya pemerintah dalam rangka mencapai Net Zero Emission, melalui berbagai pilihan teknologi kendaraan,” tuturnya.

Program SMART@Ubud

Photo :
  • Toyota Indonesia
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya