Bukan RI 1, Ada yang Beda dari Mobil Mewah Presiden Jokowi

Toyota Alphard baru Presiden Jokowi
Sumber :
  • Screenshot Tiktok

VIVA – Presiden Jokowi umumnya menggunakan mobil mewah dengan pelat nomor RI 1, baik tersemat pada Mercedes-Benz S600 yang menjadi mobil dinasnya, atau beberapa mobil lain yang digunakan di luar kota.

Mobil Terparkir di Bintaro Pondok Aren, Isinya Sabu-sabu Sebanyak 45 Bungkus

Namun baru-baru ini Tenaga Ahli Muda Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Bambang Saptono, melalui akun Tiktok pribadinya, memperlihatkan penampakan mobil mewah Presiden Jokowi yang sangat berbeda.

Selain Mercedes-Benz S600, orang nomor satu di RI itu biasanya menggunakan mobil SUV seperti Toyota Land Cruiser, hingga Mercedes-Benz G-Class, dan beberapa kali menggunakan Toyota Alphard lawas.

Video Kecelakaan Mobil Mundur Berujung Tabrak Pengguna Sepeda Listrik

Tapi baru-baru ini mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menggunakan All New Alphard berkelir hitam saat bertugas, terlihat Jokowi menyapa warga dari kursi baris kedua, dan memberikan kaus.

Banyak yang Tak Tahu, Ini Alasan Mobil Tak Bisa Ngebut Lewati Batas Speedometer

Hal lain yang menjadi sorotan, selain mobil baru yang digunakan, pelat nomornya bukan lagi RI 1, melainkan B 54 TOE, jika angka diartikan menjadi huruf bisa disebut ‘Satu’.

“Apa arti nopol “B 54TOE”?,” tulis status unggahan video tersebut, dikutip, Kamis 20 Juni 2024.

Alphard generasi keempat yang ditumpangi Jokowi pertama kali hadir di Indonesia, Agustus 2023, mobil tersebut berubah cukup signifikan dibandingkan versi sebelumnya, atau seperti milik Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Eksterior Alphard baru terlihat lebih padat, grill besar berlapis krom hitam dengan bentuk kotak berbaris cukup terlihat rapat. Head lamp lebih pipih, adan agak panjang, seakan-akan menyatu dengan kap mesin.

Garis horizontal dari bagian bodi samping dibuat lurus dengan ujung head lamp, dan ujung bonet pada sisi kanan serta kiri dibuat landai, terlihat lebih panjang dari posisi lampu utamanya.

Menggunakan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA GA-K, dengan rocker dibuat lurus dan penyangga berbentuk V pada kaki-kaki belakang sehingga lebih rigid 50 persen dari generasi sebelumnya.

Suspensi depan MacPherson strut khusus platform baru itu dengan suspensi belakang double wishbone diperbarui. Peredam kejut itu secara mekanis menyesuaikan gaya redaman berdasarkan frekuensi getaran dari jalan.

Ubahan itu diklaim membuat mobil lebih stabil saat bermanuver, serta menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan. Getaran yang dirasakan penumpang pada bangku baris kedua juga diminimalisir.

Di dalam kabin tampilan interiornya seperti pesawat, plafon Alphard terbaru memiliki sunroof yang terbagi dua, pada sisi kanan, dan kiri, sedangkan di tengah terdapat konsol panjang sebagai lubang AC, ambient light, dan layar hiburan.

Mobil MPV seharga Rp1 miliaran itu punya dua varian, yaitu standar, dan hybrid yang mengkombinasikan mesin bensin empat silinder 2.500cc dengan kode A25A-FXS, yang dikombinasikan dengan motor listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya