Segini Perbandingan Biaya Servis di Bengkel Resmi dan Umum

Ilustrasi bengkel resmi Ahass
Sumber :
  • Arianti Widya

Bogor – Salah satu cara terbaik untuk memastikan kendaraan roda dua tetap dalam kondisi prima adalah dengan melakukan servis secara berkala.

Segini Besaran Dana Bantuan KIP Kuliah untuk Program Studi Berakreditasi A

Untuk melakukan perawatan kendaraan tentu harus berada di bengkel yang terpercaya, baik itu di bengkel resmi ataupun bengkel umum. Hal ini perlu dilakukan agar spare part yang digunakan asli dan penanganan dilakukan dengan tepat.

Kemudian ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik motor sebelum memilih bengkel untuk melakukan servis kendaraan. Pertimbangan utama yang perlu diperhatikan adalah biaya servis.

Cara Aman Merawat Kulit Sensitif Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

Pada bengkel resmi, biaya perawatan lebih tinggi dibandingkan bengkel umum. Hal ini diketahui saat VIVA Otomotif melakukan penelusuran ke beberapa bengkel umum dan bengkel resmi Ahass di daerah Bojonggede, Bogor. Berikut detailnya:

Ilustrasi bengkel umum

Photo :
  • Arianti Widya
Servis Mobil Sewaan Kini Semakin Mudah

Bengkel Resmi

Ahass 9060 Rosamala Motor merupakan bengkel resmi dari Astra Honda Motor, yang menawarkan perawatan kendaraan melalui buku panduan.

Misal saja, perawatan CVT di tempat ini memasang harga Rp50 ribu. Kemudian untuk ganti oli, konsumen cukup membayar olinya saja tidak perlu ada biaya jasa.

"Kalau perbaikan CVT di tempat kami sekitar Rp50ribuan. Lalu untuk ganti oli, konsumen cuma bayar olinya saja misal mau oli merek apa, nah bayar itu saja tidak ada biaya jasanya," ujar Yayan selaku Kepala Bengkel Ahass 9060 Rosamala Motor.

Lebih lanjut, pada bengkel resmi ini juga menyediakan layanan servis secara keseluruhan yang mencakup 20 komponen pemeriksaan untuk motor injeksi dan 15 komponen pemeriksaan untuk motor karburator.

"Kalau harga kita pasang mulai dari Rp75ribu hingga Rp200ribuan. Beda merek beda harganya ya," kata Yayan.

Bengkel Umum

Bengkel umum Hosea Jaya Motor menawarkan perawatan kendaraan mulai dari 
Rp25 ribuan untuk pergantian oli. Namun, harga ini ditentukan berdasarkan merek oli yang digunakan.

"Kalau untuk ganti oli sih kita kasih harga mulai dari Rp25 ribuan, tergantung dari merek ya. Ada yang Rp30ribu, Rp50 ribu, sampai Rp100ribuan ada," kata Hosea selaku pemilik bengkel saat ditemui VIVA Otomotif.

Kemudian untuk perbaikan CVT motor, bengkel umum ini memasang harga sekitar Rp25 ribuan.

"Perbaikan CVT penting, ya untuk harganya sekitar Rp25ribu aja," lanjutnya.

Lalu, bagi konsumen yang ingin memperbaiki kampas rem perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp35 ribu.

"Biaya perawatan kampas rem sebenarnya bervariasi, tapi mulai dari Rp35 ribu aja," tutur Hosea.

Berbeda dengan kampas rem, untuk perawatan kampas kopling pada bengkel umum ini dipatok mulai dari Rp100 ribu hingga Rp250ribu.

Adapun biaya-biaya tersebut sudah bersih dan total secara keseluruhan alias tidak ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya