Sean Gelael Jadi Kunci Juara Balapan 24 Jam Singkirkan Valentino Rossi

Sean Gelael kibarkan merah putih di Le Mans Perancis
Sumber :
  • Dok. Pertamina

Prancis – Pembalap mobil asal Indonesia, Sean Gelael kibarkan merah putih di ajang balap ketahanan 24 jam, alias 24 Hours of Le Mans di Sirkuit de la Sharte, Prancis yang dimulai minggu kemarin, atau 15-16 Juni 2024.

Divonis 9 Tahun Bui di Kasus Korupsi LNG, Karen Agustiawan Banding

“Terima kasih banyak buat semuanya yang sudah mendukung, dan mendoakan saya sehingga bersama tim bisa finis kedua lagi di Le Mans,” ujar Sean Gelael, dikutip dari keterangannya, Selasa 18 Juni 2024.

Team WRT 31 atau Sean Gelael juara di Le Mans Perancis

Photo :
  • Dok. Pertamina
Kata KPK soal Karen Agustiawan Dihukum 9 Tahun Penjara Karena Korupsi LNG

Sean Gelael menjadi kunci juara, setelah berada di balik kemudi dengan melesat kencang, dia naik bertahap dari posisi ke-8, dan menduduki urutan ke-5 setelah melalui tiga stint sebelum mobil diserahkan ke Farfus.

Saat Farfus mengambil alih roda kemudi, pertandingan dini hari itu harus diperlambat atau SC (slow zone) karena hujan deras, dan langit gelap. Ditambah saat itu pebalap Cadillac nomor 311, Jack Aitken, tergelincir.

Hati-hati, Viral Pengendara Beli Bensin Rp150 Ribu tapi Cuma Diisi Rp100 Ribu oleh Petugas SPBU

Bahkan perlambatan itu terjadi selama 3 jam 26 menit karena hujan tak kunjung reda, di sela-sela itulah WRT 31 kembali menugaskan pembalap 27 tahun tersebut dengan menggantikan Farfus dari urutan ke-5.

Putra dari pemilik KFC itu tak butuh waktu lama menyusul Timur Boguslavskiy dari Akkodis ASP Team 78, dan Hiroshi Hamaguchi dari United Autosports 95, sehingga mengamankan posisi ke-3.

Namun kondisi pit stop, dan lintasan sempat membuat dia turun ke posisi 6, dan naik kembali di urutan ke-3. Saat itu posisi terdepan dihuni tim Manthey PureRxcing yang menggunakan Porsche 911 GT3 R.  

Tapi salah satu pembalap Manthey PureRxcing kehilangan waktu, karena mobil yang dikendarainya rusak. Momen itulah yang membuat Sean dengan BMW M4 andalannya berhasil mengamankan posisi ke-2.

Sebelum sampai garis finis, kembali ada perlambatan alias SC sekitar 57 menit, lantaran mobil Aston Martin Daniel Mancinelli menabrak tumpukan ban hingga terbalik. Beberapa putaran tidak ada perubahan posisi.

Silih berganti jatah membalap dari Sean ke Farfus dan kembali lagi ke Sean tidak mengubah posisi tersebut. Akan tetapi ada momen menarik ketika selepas pit stop, Sean benar-benar ada di belakang mobil Richard Lietz, hingga menyalipnya dengan menduduki posisi pertama.

Tapi sayangnya, posisi itu tak berlangsung lama mengingat kondisi ban BMW M4 khusus balap ketahanan itu mulai menurun, dan pembalap Austria dengan GT3 andalannya itu kembali merebut posisinya hingga finis.

WRT 31 adalah salah satu tim balap ketahanan yang didukung PT Pertamina Patra Niaga, melalui produk andalannya Pertamax Turbo, begitupun dengan tim Valentino Rossi yang debut di ajang tersebut bersama WRT-BMW.

Tapi sayangnya Valentino Rossi yang pertama kali terjun di ajang balap ketahanan tersebut gagal finis, karena rekan setimnya Ahmad Al Harthy kehilangan kendali.

Sekadar informasi, Sean Gleael sendiri merupakan brand ambassador Pertamax Turbo yang merupakan bensin dengan kandungan oktan, atau RON 98. Diklaim bahan bakar itu dapat memberikan pembakaran sempurna, hingga mesin lebih bertenaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya