Mengemudikan Bus Double Decker Tidak Bisa Asal, Ini Kata Pakar

Bus Double Decker Karya Karoseri Lokal
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Indonesia memiliki beragam jenis bus yang digunakan untuk berbagai keperluan transportasi, diantaranya adalah bus kota yang melayani rute dalam kota, bus antar kota antar provinsi (AKAP), yang menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia.

Video Bus Serempet Honda HR-V di SPBU, Warganet: Siapa yang Salah?

Saat ini, bus tidak hanya berjenis reguler, tapi ada juga double decker. Bus jenis ini memiliki model bertingkat dengan ketinggian sekitar 4 meter.

Umumnya, bus double decker seringkali digunakan untuk berbagai keperluan seperti bus wisata dan perjalanan AKAP karena lebih memumpuni untuk mengangkut penumpang dibandingkan jenis bus reguler.

Bus Rombongan Guru Tulungagung Terguling di Tol Sumo, 1 Orang Tewas

Bus Double Decker Karya Karoseri Lokal

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Ternyata, terdapat perbedaan saat mengendarai bus double decker dan bus reguler. Hal ini diungkapkan oleh Marcell Kurniawan selaku Training Director the Real Driving Centre (RDC).

Buntut Kejar Bus Telolet, Bocah di Jaksel Tewas Tertabrak Taksi

"Kalau perbedaan (mengendarai bus double decker dan bus reguler) tentunya ada, karena double decker memiliki titik grafitasi dan dimensi bodi yang lebih tinggi dari bus biasa," ujarnya saat dihubungi oleh VIVA Otomotif pada Senin, 20 Mei 2024.

Menurutnya, pengendara bus double decker diharuskan lebih berhati-hati saat berbelok karena kondisi yang sudah dijelaskan tersebut.

"Maka dari itu, sopir bus harus lebih berhati-hati saat berbelok dan tetap menjaga kecepatan di jalur yang sesuai," tutup Marcell.

Teman Bus Kemenhub.

Operasikan Teman Bus di 11 Kota, Kemenhub Pakai Skema Buy The Service dan SuperApps Mitra Darat

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menghadirkan layanan Teman Bus, sebagai angkutan perkotaan dengan skema Buy The Service.

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2024