Penghasilan Tukang Parkir Minimarket Bisa Capai 2 Digit, Lapor ke Sini Jika Masih Diminta Bayar

Parkir liar di pasar Tanah Abang.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta, 9 Mei 2024 –  Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menertibkan juru parkir liar yang beroperasi di minimarket, yang rencananya dimulai pekan depan. Memang penghasilan tukang parkir di minimarket Jakarta dihitung-hitung bisa mencapai belasan juta.

Deretan Pilihan Mobil Baru per Juli 2024 di Bawah Rp 200 Juta

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Lipunto mengatakan, lahan parkir di mini market merupakan area yang termasuk dalam fasilitas umum yang disediakan bagi pelanggan. Karena itu siapa pun yang memanfaatkan dan memicu keresahan masyarakat akan dilakukan tindakan tegas.

"Tapi ada oknum yang memanfaatkan meski oleh pengelolanya disebut gratis. Mereka mengatur, kemudian memaksa masyarakat membayar parkir dan ini yang akan kami tindak," kata Syafrin dikutip VIVA Otomotif dari situs Pemprov DKI, Kamis 9 Mei 2024.

Bukan Cuma Innova Zenix, Innova Reborn Juga Dapat Diskon Besar

Diakui Syafrin, hingga saat ini ada sejumlah pengelola minimarket yang telah memasang pengumuman parkir gratis namun prakteknya masih ada oknum yang memungut biaya. Syafrin menegaskan, akan menerapkan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia
Daftar Lengkap Harga Motor Matic Suzuki per Juli 2024, Burgman Street 125EX Naik

Sanksi tersebut diberikan kepada oknum juru parkir liar yang masih berani beroperasi saat pihaknya sudah menjadwalkan penertiban. Tak cuma Satpol PP, pihaknya juga telah secara rutin melakukan koordinasi dengan jajaran Kepolisian dan Kejaksaan.

Bagi masyarakat yang menemukan adanya praktik oknum juru parkir liar di mini market, Syafrin mengimbau, untuk melapor melalui aplikasi Jaki atau CRM. Ditegaskannya, setiap laporan akan ditindaklanjuti oleh tim yang telah dibentuk.

"Saat ini kita masih dalam tahap diskusi dan koordinasi. Pekan depan, kami harap sudah ada jadwal kapan turun ke lapangan," tandasnya.

Penghasilan Tukang Parkir Capai 2 Digit

Seorang pengusaha dan juga konten kreator, Oscar Darmawan, melakukan riset penghasilan tukang parkir minimarket di Jakarta. Lewat konten videonya di Instagram, Oscar menyebut kalau penghasilan tukang parkir tersebut bisa mengalahkan gaji UMP pegawai kantoran di Jakarta.

"Ini coba saya kumpulkan data kendaraan yang parkir dalam satu hari di tiga minimarket di Jakarta," buka Oscar dalam videonya.

Minimarket pertama, dia menghitung ada sebanyak 150 motor dan 30 mobil yang parkir. Kemudian minimarket kedua jumlahnya 200 motor dan 45 mobil.  

Sedangkan minimarket ketiga, ada 100 motor dan 60 mobil. Untuk tarif parkir sendiri, biasanya motor sebesar Rp2 ribu dan mobil Rp5 ribu.  

Tukang parkir Indomaret

Photo :
  • Twitter

Dia pun mengalikan nominal tersebut dengan jumlah kendaraan yang terparkir setiap hari. Kemudian total penghasilan untuk parkir motor dan mobil dijumlahkan lalu dikali 30 hari atau satu bulan. 
Oscar pun menemukan kalau ketiga minimarket tersebut sama-sama menghasilkan belasan juta rupiah per bulan hanya dari kendaraan yang parkir. Anggap saja itungan tersebut dalam kurun waktu satu bulan penuh.

"Jadi dalam sebulan, setiap titik minimarket ini, tukang parkir mendapatkan penghasilan masing-masing Rp13,5 juta, Rp18,7 juta, dan Rp15 juta. Ini saya hitung selama 30 hari ya karena biasanya mereka jarang ambil libur. Dan kita anggap satu orang aja yang jaga," jelas Oscar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya