Regulasi Baru MotoGP: Mesin Motor dari 1.000cc Jadi 850cc dan Holeshot Dilarang

Francesco Bagnaia dan Marc Marquez
Sumber :
  • Crash.net

Jakarta, 7 Mei 2024 –  MotoGP telah menyiapkan beberapa regulasi baru pada musim 2027 mendatang. Mulai dari sisi teknis demi menjaga keselamatan para pembalap dan keseruan jalannya kasta pertama balapan motor ini.

Keterlibatan Akademisi dalam Perumusan Regulasi Perlu Dimaksimalkan

Motor MotoGP generasi terbaru diklaim akan lebih relevan dengan motor jalan raya  dan lebih efisien. Ini mendukung keberlanjutan global, dan dirancang untuk menghadirkan balapan yang lebih baik dan lebih banyak aksi overtake.

Berikut Regulasi di MotoGP 2027 dikutip VIVA Otomotif dari Crash, Selasa 7 Mei 2024.

Soroti Banyak Bunuh Diri karena Pinjol, DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Benahi Regulasi

1. Mesin

Mesin motor MotoGP akan dipangkas pada 2027, dari 1000cc menjadi 850cc. Ini akan memangkas top speed, membuat motor lebih baik, dan meningkatkan jarak tempuh, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.

Mahalnya Biaya Pemilu Disebabkan Rumitnya Regulasi, Menurut Anggota DPR

Lubang silinder maksimum dari juga mesin akan berkurang dari 81 menjadi 75 milimeter, yang juga akan memangkas performa. Hal ini membuat mesin lebih relevan di jalan raya sekaligus memastikan mesin tetap mempertahankan karakteristik yang membuat MotoGP tetap spektakuler.

Dan untuk membuat kejuaraan semakin efisien, jumlah maksimal mesin yang diperkenankan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga berkurang dari tujuh menjadi enam.

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Photo :
  • Twitter: Gresini Racing

2. Bahan Bakar

MotoGP akan membalap dengan bahan bakar 100% berkelanjutan mulai 2027, meningkat dari minimum 40% yang diterapkan olahraga tersebut sejak tahun 2024. Tangki bahan bakar juga menyusut dari 22 menjadi 20 liter, dan pembalap diperkenankan untuk memakai 11 liter pada Sprint Race.

3. Aerodinamika

Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya. Lebar bagian atas fairing depan akan dipangkas 50mm dan moncong motor akan didorong ke belakang 50mm, sehingga mengurangi efek aero di area yang penting, di lintasan lurus dan area pengereman. Hal ini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi overtake.

Di bagian belakang, aero di belakang pembalap akan menjadi bagian yang dihomologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.

Buntut Stegosaurus di Motor Ducati Motogp

Photo :

4. Ride Height dan Holeshot Dilarang

Di era baru mulai tahun 2027, semua perangkat ride-height dan holeshot akan dilarang. Itu akan mengontrol performa dan membuat olahraga lebih aman, terutama saat start. Hal ini juga akan semakin mementingkan skill masing-masing pembalap, seperti halnya aero yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyalip.

5. GPS

Sata GPS dari semua pembalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi. Memberikan data kepada seluruh kompetitor kesempatan lebih baik untuk kemajuan bagi tim dan pembalap yang memiliki performa kurang, dan dengan biaya yang lebih terkendali. Akses terhadap berbagai data ini akan membantu menjadikan olahraga ini lebih aman, dan juga akan meningkatkan tingkat wawasan yang tersedia bagi para penggemar di seluruh dunia.

6. Konsesi

Sistem konsesi saat ini, yang diperkenalkan pada akhir musim 2023, akan terus berlanjut – tetapi seiring dengan berlakunya peraturan teknis baru pada tahun 2027, semua pabrikan akan memulai musim di Peringkat B. 

Mereka kemudian akan dinilai lagi pada pertengahan musim, di musim panas 2027, dan rating dapat naik atau turun untuk memiliki akses ke lebih banyak atau lebih sedikit konsesi. Sistem reaktif ini berarti performa pabrikan diperhitungkan sejak Hari pertama, menjaga persaingan sedekat mungkin dengan dimulainya era baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya