Jangan Kaget Lihat Oli Buatan Indonesia di Luar Negeri

Proses Pembuatan Produk Oli di pabrik PT Pertamina Lubricants di Jakarta Utara
Sumber :
  • PT Pertamina Lubricants

VIVA Otomotif – Setiap pemilik kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil pastinya perlu melakukan perawatan rutin agar tetap berperforma. Diketahui, salah satu perawatan paling penting pada kendaraan adalah mengganti oli.

Pertamina Patra Niaga Gandeng PT Sojitz Indonesia Kurangi Emisi Karbon dengan HVO

Di Indonesia, produk oli mulai beragam di pasar otomotif. Hal itu dikarenakan pertumbuhan pengunaan kendaraan yang terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Bahkan beberapa dari produsen oli mulai mengekspor produknya ke beberapa negara.

Hal tersebut dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants yang mulai menjual produknya di kawasan Asia Pasifik. Hal itu diungkap langsung oleh Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants (PTPL), Sari Rachmi.

Teknologi Olah Minyak Jelantah Jadi Avtur Sudah Siap, Pertamina Beberkan Kendalanya

Pabrik PT Pertamina Lubricants di Jakarta Utara

Photo :
  • PT Pertamina Lubricants

Dia mengatakan pihaknya telah memiliki fasilitas produksi yang bisa menghasilkan produk dalam jumlah besar. Pasalnya, di sana memiliki gudang bahan baku berkualitas, packaging sistem dengan pengontrolan omatis, yang di mana akan meningkatkan kualitas pelumas.

Pertamina Ungkap ESG Kini Jadi Syarat Kerja Sama dalam Bisnis Global

"Saat ini kami tengah melakukan ekspor ke 14 negara, yang didominasi ke Asia Pasifik. Hal ini didukung dengan satu unit pabrik yang berada di Thailand untuk mengoperasikan pemasaran di mancanegara," ujar Sari beberapa waktu lalu di Jakarta Utara, dikutip VIVA Kamis 1 Desember 2022.

Adapun beberapa negara yang mereka rencanakan untuk melakukan ekspor produknya seperti Timor Leste, China, Australia, Jepang, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, Afrika Selatan, Bangladesh, Nigeria, Nepal, Yaman, dan Korea Selatan.

"Umumnya kami untuk ekspor luar negeri akan masuk melalui sektor otomotif. Jadi, kami akan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang ada di sana. Contohnya saja, penggunaan kendaraan di negara Australia itu didominasi oleh mobil, dan kami harus masuk dengan produk yang sesuai," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, PT. Pertamina Lubricants memiliki fasilitas produk LOBP PUJJ di antaranya dari Lube Oil Blending Plant dengan kapasitas 270 liter per tahun, Grease Plant mampu membuat 8.000 MT per tahun, dan Viscosity Modifier Plant berkapasitas 14 juta liter per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya