Pasar Aksesori Otomotif Kedatangan Pemain Baru Asal Jepang
- VIVA/Yunisa Herawati
VIVA – Dunia otomotif tidak hanya terbatas pada kendaraan keluaran terbaru atau teknologi canggih yang disematkan, namun juga peranti pendukungnya seperti aksesori.
Chief Executive Officer Namota, Nathan Sun mengatakan bahwa pasar aksesori otomotif di Indonesia masih sangat terbuka lebar.
Hal itu disebabkan, banyak pemilik kendaraan yang ingin mengubah tampilan mobil atau motor mereka supaya tampak unik dan berbeda.
“Kalau dilihat dari jumlah, sepeda motor di Indonesia itu ada 140 juta unit dan mobil itu kira-kira 25 juta unit. Jadi, pasarnya masih sangat besar,” ujarnya di pameran GIIAS 2022, dikutip Sabtu 13 Agustus 2022.
Nathan menuturkan, bahwa produk aksesori yang ditawarkan oleh Namota lebih banyak untuk para pengguna mobil. Meski demikian, mereka juga menyediakan aksesori sepeda motor.
“Kalau Namota itu produknya 60 persen buat mobil, sementara sepeda motor 40 persen,” tuturnya.
Jenis aksesori yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari tempat menaruh minum di mobil hingga tuas rem dan kopling untuk kuda besi.
Mereka juga menawarkan produk yang bisa dipakai untuk membantu membersihkan kendaraan, seperti penyedot debu dan paint protection film.
“Garansinya satu tahun, tapi kalau produk PPF kami kasih garansi tujuh tahun,” ungkapnya.
Mengenai harga, Nathan menjelaskan bahwa banderol dari setiap aksesori yang ditawarkan Namota berbeda-beda tergantung dari jenisnya.
“Ada yang di bawah Rp100 ribu, tapi ada juga yang Rp3 juta sampai Rp5 juta,” jelasnya.
Sebagai informasi, Namota didirikan oleh Takeshi Tanaka dari Yokohama, Jepang. Sejak kecil, ia sudah belajar tidak hanya mengenai bagian mobil tapi juga produk berkualitas tinggi.