Aksi Keren 2 Robot Canggih di IIMS 2022

Robot Spot.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Ada yang menarik di pameran IIMS 2022 yang ditutup pada akhir pekan kemarin, yakni robot-robot yang menambah keseruan acara. Ada dua robot yang terlihat di pameran yakni dari Temi dan Boston Dynamics.

Ini Diler yang Paling Banyak Jual Mobil Hyundai di RI

Dari penelusuran VIVA Otomotif, Selasa 12 April 2022, robot Temi yang memiliki fitur berupa telepresence, sebuah teknologi yang dapat melihat keberadaan seorang di tempat tertentu. Nantinya, robot itu bisa menjalankan perintah seperti datang ke lokasi meski jaraknya jauh.

Sebagai robot asisten, fungsi utamanya yakni pelayanan yang terbaik untuk menarik pelanggan. Bahkan robot tersebut bisa memberikan servis yang mengikuti sang pemilik atau pengguna. Kalau ada keinginan meminta sesuatu barang, maka Temi akan menunjukkan posisi barang sekaligus menjelaskan tentang barang tersebut.

Hyundai Tetap Berniat Jual Mobil Hybrid Meski Tak Ada Insentif

Inovasi asal Amerika Serikat itu mengadopsi platform Alexa dari Amazon, yang terdiri atas tablet berukuran 10 inci yang didesain sebagai pusat kendali. Tablet itu berfungsi yang beragam, mulai dari memutar musik, video, menjadi fotografer, hingga mengontrol perangkat pintar.

Robot Temi

Photo :
  • Dok: Temi
Hyundai Bawa Program di Korea Selatan ke Indonesia

Untuk bisa mengoprasikan robot Temi ini, hanya perlu menggunakan aplikasi yang dapat diunduh melalui PlayStore atau App Store. Nantinya, sang pengguna bisa berinteraksi dengan robot, misalnya menyebut ‘Hey Temi pergi ke lokasi dapur’, lantas Temi langsung bergerak.

Sementara itu, Boston Dynamics dihadirkan oleh Hyundai, yakni sebuah robot pintar berkaki empat. Perusahaan asal Korea Selatan itu mengambil langkah besar dalam mewujudkan masa depan melalui robot ini.

Diberi nama Spot, bagian keempat kakinya bisa bergerak dengan lincah dan mampu menghindari rintangan. Bahkan bisa melewati permukaan kasar dengan menggunakan roda. Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

Diketahui, robot tersebut telah ditampilkan dalam sebuah video dari Hyundai di mana robot cerdas ini mendemonstrasikan sebuah tarian menggunakan lagu single BTS yang berjudul Ioniq: I’m On It, sebuah lagu yang menyemarakkan peluncuran merek kendaraan listrik spesial dari Hyundai, Ioniq electric.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya