Toyota Jual Lebih dari 81 Ribu Avanza Baru di Indonesia
- VIVA/Jeffry Yanto
VIVA – Toyota menjadi salah satu merek otomotif populer di Tanah Air. Salah satu indikatornya, penjualan mobil baru yang berhasil mencapai ratusan ribu unit setiap tahunnya. Hal ini juga diraih pada 2019 lalu.
Dari data PT Toyota Astra Motor, diketahui penjualan ritel mobil baru di 2019 mencapai 332.800an unit. Sementara itu, pengiriman kendaraan baru dari pabrik menuju diler (wholesales), 331.700an unit.
Pencapaian itu mengalami penurunan, jika dibandingkan pada 2018. Sepanjang 2018, retailsales mobil merek Jepang itu mencapai angka 352.100an unit. Sementara wholesales-nya 356 ribuan unit.
Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada pelanggan di Indonesia karena tetap memilih Toyota, meski pasar otomotif pada 2019 mengalami penurunan.
"Karena market otomotif Indonesia keseluruhan turun, maka sales Toyota juga ada penurunan," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 10 Januari 2020.
Masih dari data yang sama, diketahui ada lima produk mobil Toyota yang digemari oleh masyarakat dan menopang bisnis otomotifnya di Nusantara.
Produk tersebut, yakni mobil keluarga Avanza dan Innova, lalu sport utility vehicle Rush dan Terios, serta low cost Green Car (LCGC) Calya.
Penjualan ritel Avanza sepanjang tahun lalu mencapai 81.900an unit, sementara wholesales 86.300an unit. Posisi dua, yakni low SUV Rush yang retailsales-nya 57.400an unit, dan wholesales 61.500an unit.
Innova meraih penjualan retail 54.500an unit, dan wholesales 52.900an unit. Lalu, Calya dengan angka 55.800an unit, serta wholesales 54.500an unit. Fortuner, retailsales 18.200an unit, dan wholesales 16.600an unit.