Indonesia Peringkat Tiga Terbesar Kecelakaan di Dunia

Ilustrasi olah TKP.
Sumber :
  • Instagram Satlantas Polres Probolinggo

VIVA – Masifnya jumlah pengguna jalan di Indonesia, membuat angka kecelakaan meningkat. Kurang fokus selama berkendara, ditambah sering abainya terhadap rambu-rambu jalan, ditengarai menjadi penyebab utama mengapa sering terjadi hal mengenaskan tersebut.

Hari Ini, Jakarta Kota Paling Berpolusi Pertama di Asia Tenggara dan Ketiga se-Dunia

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, pada tahun 2018 lalu, angka kecelakaan lalu lintas Tanah Air meningkat 10 persen. Hal ini tentu mengkhawatirkan. Sebab, 2018 menjadi tahun dengan jumlah kecelakaan terbanyak.

"Jumlahnya sekitar 25.000-30.000 korban. 58 persen adalah milenial, sementara sisanya adalah usia menengah atas," ungkapnya di acara Milenial Road Safety Festival, Jakarta.

Tabrak Personel Drum Band, Sopir Bus Laju Utama Serahkan Diri ke Polres Sukabumi

Selain menyampaikan data kecelakaan berupa persentase, Kombes Pol Yusuf juga mengatakan, bahwa Indonesia berada di peringkat atas dalam urusan kecelakaan.

"Data dari WHO yang saya terima kemarin, Indonesia ada di urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah kecelakaan lalu lintas terbesar," katanya.

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Data tersebut tentu sangat mengkhawatirkan. Mengingat, pengguna jalan di Indonesia jumlahnya sangat besar. Selain itu, jarak yang rapat antara satu kendaraan dengan kendaraan lain, bisa membawa korban lebih banyak. Sebab, ketika kendaraan lain jatuh, kendaraan di belakangnya mungkin tak punya cukup waktu untuk menghindar.

"Itulah mengapa kita mengadakan Milenial Road Safety Festival. Agar yang gemar melanggar dan rugikan orang, tak lagi melakukannya," tutupnya. (kwo)

Ilustrasi TKP kecelakaan

Lagi Makan Nasi Uduk, Anak 4 Tahun Ditabrak Mobil Minibus di Tangsel

Satu unit mobil minibus yang dikemudikan oleh RA, 43 tahun, menabrak 3 orang pejalan kaki yang sedang berada di warung nasi uduk, Jalan Ceger Raya, Kelurahan Pondok Karya

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2024