Jenderal Samson, Denjaka Ajudan Jokowi Penghancur Bajak Laut Jadi Perisai Nyawa Presiden Prabowo

VIVA Militer: Brigjen TNI Mar SS
Sumber :
  • Kodikmar

VIVA – Panglima TNI, Agus Subiyanto telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor Kep/1264/X/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Mayor Teddy Ditunjuk Presiden Prabowo Jadi Seskab, TNI AD Angkat Bicara

Dalam SK tertanggal tanggal 18 Oktober 2024, terdapat sebanyak 63 perwira tinggi TNI yang dirotasi dan dimutasi dari jabatannya.

Salah satu pati yang masuk dalam daftar SK Panglima TNI itu adalah seorang jenderal dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang dulu pernah jadi ajudan Presiden RI, Joko Widodo. Beliau adalah Brigadir Jenderal TNI (Mar) Samson Sitohang.

Tak Disangka, 2 Jenderal TNI yang Ditarik Prabowo Ternyata Eks Komandan Korem Ring I

VIVA Militer: Kolonel Mar Samson Sitohang.

Photo :
  • Korps Marinir

Jadi dalam SK itu dilansir VIVA Militer, Senin 21 Oktober 2024, Brigjen TNI (Mar) Samson Sitohang mendapatkan amanah dan kepercayaan baru, yang risiko dan tanggungjawabnya lebih berat dari sebelumnya.

Sah, Jenderal Berdarah Kopassus Muhammad Herindra Resmi Dilantik Jadi Kepala BIN

Panglima TNI memutuskan untuk menugaskan Brigjen TNI Samson Sitohang untuk menjaga keselamatan Presiden RI, Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Brigjen TNI Samson Sitohang dipromosikan untuk menjabat jabatan Wakil Komandan (Wadan) Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

VIVA Militer: Brigjen TNI Mar SS

Photo :
  • Kodikmar

Sedangkan jabatan Komandan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang sebelumnya dijabat Brigjen TNI Samson Sitohang diserahkan kepada Brigjen TNI (Mar) Ahmad Fajar.

Tugas baru sebagai perisai nyawa Presiden RI memang berat dan penuh risiko. Hanya saja jika dilihat dari rekam jejak karier militernya, rasanya Brigjen TNI Samson Sitohang cukup mumpuni.

VIVA Militer: Brigjen TNI Mar SS

Photo :
  • Kodikmar

Perlu diketahui, Brigjen TNI Samson Sitohang ini bukan sembarang perwira hantu laut lho. Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1998 ini dibesarkan oleh pasukan khusus Detasemen Jalamangkara. Bahkan ini pernah menjabat Komandan Denjaka.

Ia merupakan salah satu perwira TNI yang terlibat langsung Satuan Tugas Merah Putih dalam operasi pembebasan Kapal MV Sinar Kudus yang disandera bajak laut di Somalia.

Baca: Tak Disangka, 2 Jenderal TNI yang Ditarik Prabowo Ternyata Eks Komandan Korem Ring I

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya