Pimpin Apel Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran, Panglima TNI ke Pasukan: Waspadai Potensi Ancaman

VIVA Militer: Panglima TNI bersama Kapolri Tinjau Pasukan Pengamanan VVIP
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta, VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo hari ini memimpin Apel Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. 

Jenderal Prabowo Mau Dilantik Jadi Presiden, 10 Kapal Perang TNI Siaga di Teluk Jakarta

100.000 personel gabungan TNI-Polri dipersiapkan untuk mengamankan proses pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang.

Di hadapan seluruh Pasukan yang akan terlibat dalam operasi pengamanan VVIP tersebut, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menekankan agar seluruh personel dapat fokus dan tidak lengah dalam membaca situasi jelang pelaksanaan pelantikan Kepala Negara Republik Indonesia nanti.

Calon Wamen Dibekali Ilmu Hadapi Wartawan, Prabowo Ingin Ramah ke Media

"Saya tekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya acara kenegaran biasa, melainkan simbol kelangsungan demokrasi dan kedaulatan bangsa Indonesia," kata Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jum'at, 18 Oktober 2024.

Terlebih lagi, lanjut Panglima TNI, 36 Pimpinan atau Kepala  Negara dari negara-negara sahabat dijadwalkan akan menghadiri undangan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan digelar di Gedung DPR/MPR RI nanti. 

Anies Baswedan Bakal Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran: Ini Bagian Catatan Sejarah Kita

Oleh karena itu, lanjut Panglima TNI, seluruh prajurit harus dalam keadaan siap siaga mengamankan kegiatan kenegaraan lima tahunan pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Waspadai kemungkinan munculnya ancaman sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan operasi pengamanan VVIP. Koordinasi dalam pelaksanaan tugas dengan seluruh setuan dan instansi terkait guna terwujudnya sinkronisasi kegiatan ini," tegasnya.

Untuk diketahui, operasi pengamanan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI ini dipimpin langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) selaku Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP, Laksamana Madya (Laksdya) TNI Rachmad Jayadi.

 Operasi Pengamanan tersebut akan dilaksanakan selama tujuh hari, mulai tanggal  17  hingga 23 Oktober 2024. 

Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman

Prabowo-Gibran Sapa Masyarakat di Sudirman-Thamrin usai Dilantik

Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming Raka bakal menyapa warga pasca dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu, 20 Oktober.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024