Formasi Pasukan Penjaga Nyawa Prabowo dan Gibran, 2 Komandan Ternyata Orang Gultor Kopassus TNI

VIVA Militer: Perisai hidup presiden.
Sumber :
  • PPID Paspampres

VIVA – Hanya dalam hitungan hari, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan memiliki Presiden dan Wakil Presiden baru untuk masa periode kepemimpinan 2024-2029.

Kolonel Nioko Diganti, Ini Sosok Perwira Marinir TNI Komandan Penjaga Nyawa Wakil Presiden Baru

Sebagai kepala negara tentunya, Presiden dan Wapres tentunya keamanan dan keselamatan mereka jadi salah satu faktor utama yang jadi PR aparat keamanan, dalam hal ini Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Pada edisi Rabu 16 Oktober 2024 ini, VIVA Militer akan memperkenalkan sosok-sosok para komandan yang akan memimpin pasukan perisai hidup Presiden dan Wapres untuk menjaga nyawa Jenderal TNI (Purn) (HOR) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

10 Prajurit Kopasgat Berprestasi Dapat Hadiah Istimewa dari KSAU, Siapa Saja Mereka?

Siapa saja mereka?....

VIVA Militer: Mayjen TNI Achiruddin, Komandan Paspampres

Photo :
  • PPID Paspampres
Profil Sugiono, Anak Ideologis Prabowo yang Dipercaya Masuk Kabinet

Yang pertama adalah sang pucuk pimpinan, yaitu Mayor Jenderal TNI Achiruddin, Komandan Paspampres.

Beliau ini lulusan Akademi Militer 1997 dan dilahirkan di kecabangan Infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Untuk urusan mengamankan kepala negara, sosok beliau tak perlu diragukan lagi. Sebab sudah pernah berpengalaman selama bertahun-tahun menjaga keselamatan Presiden Joko Widodo apalagi saat masih jadi Komandan Grup A Paspampres.

VIVA Militer: Prosesi pelepasan perwira menengah Paspampres

Photo :
  • Paspampres

Mayjen TNI Achiruddin adalah perwira TNI Angkatan Darat yang punya spesialisasi Penanggulangan Teror, dulu beliau pernah jadi Wakil Komandan Sat 81 Gultor Kopassus.

Di Paspampres, Mayjen TNI Achiruddin memiliki 4 komandan grup yang masing-masing memiliki tugas dan tanggungjawab berbeda. Terdiri dari Grup A, Grup B, Grup C dan Grup D.

Grup A, tugasnya ialah langsung melaksanakan pengamanan melekat kepada Presiden, Ibu Negara dan keluarganya.

VIVA Militer: Perisai hidup presiden.

Photo :
  • PPID Paspampres

Komandan Grup A Paspampres saat ini juga dari Korps Baret Merah yaitu Kolonel Inf Wimoko.

Beliau ini baru menjabat awal tahun 2024 menggantikan Kolonel Inf Faizol Izuddin Karimir. Dan Kolonel Inf Wimoko ini juga pernah di Sat 81 Gultor, malah sempat jadi Wakil Komandan.

Grup B, tugasnya melaksanakan pengamanan untuk Wapres, Ibu Wapres beserta keluarganya. Komandannya berasal dari pasukan elite hantu laut Korps Marinir, TNI Angkatan Laut, yaitu Kolonel Mar Tri Haryanto, beliau baru dua hari menerima jabatan ini menggantikan Kolonel Mar Nioko Budi Legowo.

VIVA Militer: Perisai hidup presiden.

Photo :
  • PPID Paspampres

Berikutnya adalah Grup C. Tugasnya melaksanakan pengamanan tamu negara, VVIP, kepala negara dan tokoh penting lainnya. Komandan Grup B juga baru, berasal dari korps pasukan khusus Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara. Yaitu Letkol Pas Mohamad Misbahul Munir

Letkol Pas Mohamad Misbahul Munir ini juga baru menjabat Komandan Grup C Paspampres, barengan sertijabnya sama Kolonel Mar Tri Haryanto, karena sebelumnya memang Kolonel Mar Tri Haryanto menjabat Komandan Grup C Paspampres.

VIVA Militer: Perisai hidup presiden.

Photo :
  • PPID Paspampres

Sedangkan Grup D ini merupakan pasukan yang nanti menjaga keamanan dan keselamatan Pak Jokowi beserta keluarga dan Maruf Amin beserta keluarga. Sebab Grup D memang bertugas untuk pengamanan mantan Presiden dan Wakil Presiden. Sekarang ini Grup D dikomandani Kolonel Pas Joko Sutopo.

Baca: Kolonel Nioko Diganti, Ini Sosok Perwira Marinir TNI Komandan Penjaga Nyawa Wakil Presiden Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya