KSAD Maruli Kumpulkan Danrem dan Dandim, Bahas Evaluasi hingga Pengamanan Pilkada Serentak 2024

VIVA Militer: Panglima TNI bersama KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta, VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini memimpin Apel Komandan Korem (Danrem) dan Komandan Kodim (Dandim) Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024.

KSAU Tunjuk Letkol Lek Rizan Fadli Jadi Komandan Skadik 506 Siber TNI AU

Jenderal Maruli mengatakan, ada dua poin penting yang dibahas dalam Apel Danrem dan Dandim yang juga turut dihadiri oleh Panglima Kodam (Pangdam) serta sejumlah Pejabat Tinggi TNI AD tersebut. Dua poin penting adalah evaluasi program TNI AD tahunan dan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang.

"Apel Dandim Danrem, dihadiri juga oleh seluruh Pangdam dan pejabat TNI AD khususnya untuk evaluasi dan evaluasi dan bagaimana kita nanti ke depannya untuk lebih berfungsi kita untuk terus meningkat untuk mendukung program-program pemerintah. Dan juga untuk keamanan tema hari ini kita untuk pengamanan Pilkada Serentak dan tantangan untuk Indonesia lebih maju," kata KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak kepada awak media usai memimpin Apel Danrem dan Dandim di Mandiri Corporate University, Daan Mogot, Jakarta Barat.

IDF Klaim Berhasil Tewaskan Lagi Dua Komandan Hizbullah di Lebanon Selatan

Kendati demikian, Maruli menegaskan tidak ada pembahasan secara khusus terkait rencana pengamanan Pilkada serentak. Sebab, peran TNI AD dalam pengamanan Pilkada serentak hanya sebatas supporting Polri di daerah masing-masing.

"Kita tidak terlalu membahas detail itu, karena semua di daerah sudah ada sudah direncanakan semua dengan baik. Kita sudah cek, kita hanya meyakinkan mereka ini akan melaksanakan pengamanan pilkada itu dengan sebaik-baiknya. Jadi tidak terlalu banyak berdiskusi, kita sebenarnya sudah mendiskusikan dan merencanakan sejak lama," ujarnya.

Siap Hadapi Perang Modern, KSAU Resmikan Skadron Pendidikan Siber TNI AU di Bogor

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wahyu Yudhayana menambahkan, evaluasi yang dilakukan dalam Apel Danrem dan Dandim yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak membahas tentang kinerja aparat kewilayahan dan aparat teritorial dalam periode 1 tahun ini di wilayah secara umum. 

Selain itu, KSAD Maruli juga telah memberikan penekanan-penekanan kepada seluruh jajaran TNI AD terkait dengan situasi atau dinamika yang ada saat ini.

"Dinamika itu bukan berlaku cuma hal politik saja. Tapi juga berkaitan dengan perekonomian, berkaitan dengan alam, berkaitan dengan kondisi cuaca. Karena mereka ini di wilayah nih. Mereka yang berhadapan langsung dekat dengan masyarakat," kata Kadispenad Brigjen TNI Wahyu Yudhayana.

Selain itu, lanjut Kadispenad, dalam momen Apel Danrem dan Dandim tersebut, Kasad juga memberikan penghargaan kepada sejumlah prajurit TNI AD berprestasi yang telah menjalankan fungsi teritorial dan memberikan pelayanan pada masyarakat di wilayah masing-masing.

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza

Gaza Utara 'Berdarah' setelah Israel Perintahkan Evakuasi Massal

Sedikitnya 18 warga Palestina tewas dalam serangan Israel pada Rabu malam, di Gaza, menurut petugas medis Palestina. Israel melanjutkan pengepungan dan serangan mereka.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2024