Momen 8 Prajurit Kopassus Meluncur dari Tugu Monas dengan Posisi Kepala di Bawah, Jokowi Terpukau

VIVA Militer: 8 Prajurit Kopassus Meluncur dari puncak Monas
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta, VIVA – 8 (delapan) personel Korps Baret Merah atau Komando Pasukan Khusus (Kopassus) melakukan aksi luar biasa pada acara Puncak Perayaan HUT Ke-79 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Aksi Spektakuler Pasukan Berkuda TNI di HUT Ke-79 TNI Jadi Sasaran Kerumunan Warga

8 prajurit Kopassus itu nekat turun meluncur hanya dengan bantuan seutas tali dari puncak Tugu Monas dengan posisi kepala di bawah atau Head Down.

Mereka turun dari puncak Tugu Monas dengan dengan membawa smoke bom atau bom asap. 

Kapolri di HUT ke-79 TNI: Kami Bersinergi, Saling Melengkapi dalam Tugas Negara

”Kita layangkan pandangan ke atas menara Monumen Nasional, delapan prajurit TNI akan bersiap menampilkan kemampuan pendaki serbu dengan teknik head down,” kata pemandu acara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Aksi luar biasa pasukan elite TNI AD itu disambut riuh tepuk tangan ribuan masyarakat yang turut hadir menyaksikan acara puncak perayaan HUT ke-79 TNI yang dipusatkan di Lapangan Silang Monas tersebut.

Promo Rp 1 saat HUT TNI, Stasiun Manggarai dan Bundaran HI Dipadati Warga Menuju Monas

VIVA Militer: Presiden Jokowi dan Jan Ethes terpukau dengan aksi Prajurit TNI

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Tak hanya itu, Presiden RI Joko Widodo yang menyaksikan secara langsung aksi prajurit Kopassus itu bersama Ibu Iriana Jokowi dan cucunya Jan Ethes tampak terpukau dengan kemampuan prajurit Kopassus tersebut.

Untuk diketahui, teknik meluncur head down yang dipertontonkan kepada masyarakat dalam acara puncak HUT ke-79 TNI itu biasa dipakai oleh para prajurit TNI saat melakukan serbuan ke sasaran atau daerah musuh. Dengan teknik tersebut, para prajurit bisa masuk dari atas gedung dan mencapai target musuh dengan cepat yang berada di bawah gedung.

”Kemampuan ini bertujuan pada saat melaksanakan serbuan ke bawah, ketika musuh atau sasaran dapat terlihat dari atas. Dengan rasa percaya diri, prajurit TNI dapat melaksanakan teknik head down dengan aman,” ucap pemandu acara yang menjelaskan aksi parade pasukan elite TNI AD tersebut.

Presiden Jokowi saat inspeksi barisan di HUT TNI ke-79

Pimpin HUT TNI Terakhir Sebagai Presiden, Jokowi: Ini yang Paling Merakyat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 ini adalah yang paling merakyat.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024