Mayjen Hariyanto: Perayaan HUT TNI Tahun Ini Berbeda dari Tahun-tahun Sebelumnya

VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta, VIVA – Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Kapuspen TNI) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hariyanto mengatakan, perayaan puncak peringatan HUT TNI tahun 2024 dibuat sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. 

Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Sempat Dua Kali Turun pada 2024, Menurut Indikator Politik

Kapuspen TNI menjelaskan, puncak perayaan HUT TNI yang dipusatkan di Lapangan Silang Monas pada Sabtu besok, 5 Oktober 2024 akan melibatkan sekitar 100 ribu personel TNI dari tiga matra. 

100 ribu personel pasukan yang  berasal dari matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara itu, lanjut Kapuspen TNI, akan melakukan aksi defile pasukan dan parade alutsista di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan disaksikan pula oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Datangi Istana, Zulkifli Hasan Undang Jokowi Hadiri Trade Expo Indonesia

Selain itu, lanjut Mayjen TNI Hariyanto, formasi seluruh peserta upacara, parade pasukan dan alutsista akan ditempatkan mengelilingi Lapangan Silang Monas.

"Itu yang istimewa karena upacaranya tidak hanya di sisi sebelah Monas, tapi pasukan itu melingkar dan ada 22 batalyon di situ tergelar," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto usai menghadiri Upacara dan Tabur Bunga di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Jum'at, 4 Oktober 2024.

Citra Satelit Ungkap 12 Kawah di Pangkalan Udara Militer Israel Bekas Hantaman Rudal Iran

"Presiden Republik Indonesia sebagai Irup dan Panglima TNI akan memeriksa pasukan memutar di Monas," tambahnya.

Lebih jauh dia menambahkan, selain di dalam Monas, parade alutsista TNI akan melakukan konvoi di sepanjang jalan Sudirman - MH. Thamrin, hingga Senayan. 

Tidak hanya itu, lanjut Kapuspen TNI, dalam HUT TNI Ke-79, TNI akan menggelar dapur umum untuk makan gratis bagi masyarakat yang menyaksikan parade pasukan dan alutsista nanti.

"Intinya besok adalah upacara parade kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi defile dan setelah itu ada lanjutannya lagi pesta rakyat, makan gratis, pembagian sembako dan kita hibur dengan band ada Slank, ada NDX AKA, Raffi Ahmad tergelar artis-artis Ibukota," ujarnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman.

Ada HUT TNI, Catat Pengalihan Arus Lalin di Monas dan Sudirman Besok!

Rekayasa lalu lintas disiapkan di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Jalan Sudirman, karena adanya perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indone

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2024