Aksi Mulia KSAD Maruli Bangun 50 Sumber Air Bersih hingga Sumbang Perahu Pengangkut Sampah di Toba

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Maruli resmikan 50 sumber air bersih di Toba
Sumber :
  • Dispenad

Toba, VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini meresmikan 50 titik sumber air bersih di wilayah Toba, Tapanuli Utara. Peresmian 50 sumber air bersih itu dilakukan sebagai bagian dari upaya TNI AD mendukung kesejahteraan masyarakat di wilayah Toba, Sumatera Utara. 

Ancam Prancis, Rudal Nuklir Rusia Mampu Hancurkan Kotanya dalam 3 Menit

Program ini tidak hanya memberikan akses air bersih bagi ribuan warga, tetapi juga mendukung sektor pertanian di daerah tersebut.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Jum'at, 20 September 2024, peresmian 50 sumber air bersih untuk para petani itu berlangsung di Desa Tarabunga, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. 

Pilkada Serentak di Depan Mata, Komando Armada III Siap Amankan Wilayah Indonesia Timur

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang datang didampingi sang istri tercinta sekaligus Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Uli Simanjuntak, mengatakan air bersih sangat penting sebagai kebutuhan dasar yang berdampak langsung pada kualitas hidup masyarakat.

“Keberadaan 50 titik sumber air bersih ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam hal sanitasi dan pertanian. Di wilayah Toba ini baru langkah awal, kita akan lakukan terus, dan TNI AD sudah membangun sekitar 2.700 sumber air bersih di berbagai wilayah Indonesia,” kata KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di hadapan masyarakat Toba.

Bentrok Lawan Petarung Pasukan Elite Pandawa Kostrad TNI, Jawara Tinju Nasional Dibuat Kewalahan

Lebih jauh dia menyampaikan, program pembangunan 50 sumber air bersih di wilayah Toba ini merupakan hasil kolaborasi antara TNI AD, pemerintah daerah, dan berbagai organisasi non-pemerintah. 

Jenderal nomor satu di Matra Angkatan Darat itu menegaskan, sumber air bersih yang dibangun tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Toba. Untuk itu Kasad berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

VIVA Militer: KSAD sumbang perahu ponton pengangkut sampah di Toba

Photo :
  • Dispenad

Selain meresmikan sumber air bersih, Jenderal Maruli juga meninjau demonstrasi operasional perahu ponton pengangkut sampah untuk membersihkan eceng gondok di Danau Toba. 

Dalam kesempatan itu, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga menyerahkan tiga unit perahu ponton kepada pemerintah daerah Toba, Samosir, dan Simalungun. Inovasi ini diharapkan bisa membantu rehabilitasi lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan Danau Toba.

“Permintaan bantuan untuk rehabilitasi lingkungan datang dari berbagai daerah seperti Jatiluhur, Manado, dan Danau Toba. Anggota kami bekerja keras mengangkut sampah, hingga akhirnya kami berinovasi menciptakan perahu ponton ini. Harapannya, inovasi ini bisa diteruskan oleh pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan,” jelas Kasad.

Selain perahu ponton, Kasad juga menyerahkan bantuan berupa makanan bergizi, tali asih bagi warakawuri, dan perlengkapan olahraga sebagai bentuk perhatian TNI AD terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya program air bersih dan bantuan perahu ponton ini, KSAD berharap, TNI AD dapat terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat, sekaligus membantu upaya pelestarian lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya