HUT TNI Ke-79, 181 Pesawat Akan Gelar Demo Udara di Langit Jakarta

VIVA Militer: Pesawat KT-1B Wong Bee Jupiter Aerobatic Team TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta, VIVA – Tepat pada 5 Oktober 2024 nanti, Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan merayakan hari jadinya yang ke-79 tahun mengabdi dan menjaga kedaulatan NKRI. 

Prajurit TNI Divif 1 Kostrad Serka Nasrudin Sabet Medali Emas Cabor Menembak di PON 2024

Hari jadi atau HUT ke-79 TNI kali ini, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah mempersiapkan sejumlah rangkaian kegiatan acara untuk dinikmati oleh masyarakat luas. 

Salah satunya acara yang tengah dipersiapkan adalah parade udara atau Demo Udara yang akan melibatkan 181 pesawat TNI tiga matra pada acara puncak perayaan HUT TNI yang akan digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 5 Oktober 2024 mendatang. 

Pasukan Gerak Cepat TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Kokain Sebanyak 84,75 Kg di Pulau Berhala

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono mengatakan, TNI AU sudah mendapatkan perintah khusus dari Panglima TNI terkait dengan persiapan pesawat dan ribuan prajurit TNI AU untuk memeriahkan acara puncak HUT TNI Ke-79 yang akan dipusatkan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat nanti.

"Untuk demo udara kita mengerahkan semua kekuatan pesawat Angkatan Udara yang siap, yang bisa terbang sejumlah 148 pesawat, di luar yang cadangan," kata KSAU Marsekal TNI M. Tonny Harjono saat ditemui awak media di Markas Komando Kopasgat, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jum'at, 20 September 2024.

Kolonel Ganteng Cucu Jenderal TNI Sarwo Edhie Melesat Jadi Asops Divif 1 Kostrad

Selain pesawat TNI AU, lanjut Kasau, akan ada penambahan pesawat dari TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara yang akan bergabung bersama-sama melakukan parade udara di langit Jakarta.

"Dari AL ada 15 pesawat, dan AD ada 18 pesawat. Sehingga total semua ada 181 pesawat yang akan demo udara," ujarnya.

"Selain dari demo-demo lain. Nanti ada demo drone juga," tambahnya.

VIVA Militer: KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono jajal pesawat tempur Rafale

Photo :
  • Dispenau

Terkait dengan jumlah personel TNI AU yang diterjunkan, orang nomor satu di Matra Udara itu menyatakan bahwa pihaknya akan mengerahkan 15.000 personel pasukan dan sejumlah alutsista lainnya yang akan ikut terlibat dalam parade pasukan defile, maupun parade udara pada puncak acara peringatan HUT TNI ke-79 tahun nanti.

"Untuk seluruh Anggota yang akan dikerahkan ada 15 ribu anggota dari Angkatan Udara sendiri, belum dari satuan-satuan lain baik dari Angkatan Laut, maupun Angkatan Darat," ujar Marsekal TNI Tonny Harjono.

"Jadi ada parade defile darat, defile pasukan, dan defile alat-alat ranpur, rantis yang kita miliki. Semua akan ada," katanya menambahkan.

Untuk diketahui, perayaan HUT TNI ke-79 tahun ini tidak hanya dilakukan pada tanggal 5 Oktober 2024 saja. TNI juga akan menggelar pameran ratusan alutsista yang terdiri dari kendaraan tempur (Ranpur), kendaraan taktis (Rantis), Tank Amfibi, hingga beragai peluru kendali atau rudal milik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang dapat disaksikan secara terbuka untuk masyarakat luas pada tanggal 21-22 September 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya