Tak Ada Ampun, TNI Pecat 7 Prajurit Tempur Kodam Kasuari di Hadapan Teman-temannya

VIVA Militer Pemecatan 7 prajurit Yonif 763/Senetia Buerama Amor
Sumber :
  • Yonif 763

VIVA – TNI Angkatan Darat benar-benar tak memberi ampunan sedikit pun bagi prajurit yang melakukan perbuatan melanggar hukum di NKRI.

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Buktinya, tujuh prajurit TNI baru saja dipecat dengan tidak hormat dari kesatuannya karena melakukan perbuatan pidana.

Ketujuh prajurit itu bukan sembarang tentara, mereka semua prajurit tempur milik Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari, Papua Barat. Dari tujuh prajurit itu, lima personel berdinas di batalyon Infanteri (Yonif) 763/Senetia Buerama Amor, dan dua prajurit lainnya dari  Brigade Infanteri (Brigif) 26/Gurana Piarawaimo.

Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

VIVA Militer Pemecatan 7 prajurit Yonif 763/Senetia Buerama Amor

Photo :
  • Yonif 763

Berdasarkan siaran resmi penerangan Yonif 763/SBA dilansir VIVA Militer, Rabu 11 September 2024, tujuh prajurit itu dipecat dari dinas aktif militer melalui prosesi upacara pemecatan yang dilangsungkan di lapangan Markas Brigif 26 di Teluk Bintuni.

Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Mendadak Muncul di Permukaan Laut RI, Marinir TNI Siaga

Di lapangan itu dengan dipimpin Komandan Yonif 763/SBA, Letnan Kolonel Inf Imam Purwoko, tujuh prajurit itu dibariskan di tengah lapangan dengan dikawal provost. Mereka juga membawa foto diri mereka yang sudah terbingkai di pigura.

Kemudian Letkol Inf Imam Purwoko menyampaikan amanat terkait keputusan pemecatan yang diambil sebagai konsekuensi dari perbuatan yang telah dilakukan. Apalagi perbuatan mereka itu telah merusak nama baik TNI Angkatan Darat.

VIVA Militer Pemecatan 7 prajurit Yonif 763/Senetia Buerama Amor

Photo :
  • Yonif 763

"Sudah merupakan komitmen dari pimpinan TNI bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit TNI harus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Letkol Inf Imam Purwoko.

Selanjutnya, Letkol Inf Imam Purwoko berjalan mendatangi ketujuh prajurit itu, dan di hadapan semua teman-temannya, Danyon memasang stiker silang bertulis DIPECAT di foto yang dibawa tujuh prajurit itu.

Sangat jelas terlihat ketujuh prajurit itu sedih dan menundukkan muka atas hukuman pemecatan yang mereka terima itu. Tapi apa daya, nasi sudah jadi bubur dan TNI tak memberikan ampunan sedikitpun bagi mereka.

VIVA Militer Pemecatan 7 prajurit Yonif 763/Senetia Buerama Amor

Photo :
  • Yonif 763

"Upacara PDTH ini juga menjadi bukti bahwa kami tidak tebang pilih dalam menindak kesalahan, Yonif 763/SBA sangat tegas terhadap seluruh anggota yang terlibat pelanggaran. Oknum prajurit tidak hanya diproses sesuai Undang-undang Militer yang berujung sanksi disiplin dan administrasi. Mereka yang terbukti melanggar pidana juga dijatuhi hukuman terberat berupa pemecatan dari dinas militer," kata Letkol Inf Imam Purwoko.

Baca: Minta Maaf Usai Terkapar Ditampol Paspampres, Mahasiswa Penerobos Ring I Ngaku Pengen Masuk TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya