Pimpin Upacara HUT Ke-79 TNI AL, Jenderal Agus: Jaga Netralitas, TNI Tidak Berpolitik Praktis

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin upacara HUT ke-79 TNI AL
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta, VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto hari ini mendapatkan kehormatan untuk menjadi Instruktur Upacara dalam Peringatan HUT ke-79 TNI AL di atas kapal perang KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992 yang berlayar di wilayah perairan Teluk Jakarta.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Dalam kesempatan langka tersebut, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, sebentar lagi bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 545 daerah.

Dengan demikian, orang nomor satu di tubuh TNI itu mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI AL di mana pun berada agar tetap berpegang teguh pada komitmen TNI dalam menjaga netralitas TNI dalam pilkada serentak November 2024 mendatang.

Ini Arahan Jokowi Saat Ngumpulin Pejabat TNI dan Polri di IKN

"Tidak bosan-bosan Saya mengingatkan kembali kepada segenap prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga komitmen Netralitas TNI. Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam ”Undang-Undang TNI nomor 34 tahun 2004” diantaranya bahwa TNI tidak berpolitik praktis," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto ketika membacakan amanat tertulisnya dalam Upacara HUT Ke-79 TNI AL di atas Geladak KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992, Selasa, 10 September 2024.

Panglima TNI kemudian menegaskan, bahwa netralitas TNI dalam kontestasi politik adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar. 

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

Lebih jauh dia menegaskan, tugas utama TNI menghadapi Pilkada Serentak November 2024 mendatang adalah membangun sinergitas dengan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan dan pelaksanaan Pilkada berlangsung.

"Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan lebih mengutamakan sinergitas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya," tegasnya.

VIVA Militer: Panglima TNI cek kesiapan pasukan dalam HUT Ke-79 TNI AL

Photo :
  • Dispenal

Untuk diketahui, Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI AL yang digelar terpusat di atas Geladak KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992 di sekitar perairan Teluk Jakarta ini juga diikuti oleh seluruh prajurit TNI AL di seluruh Indonesia. 

Dalam upacara tersebut sejumlah jenderal bintang empat, seperti Kapolri Jenderal Pol.Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono, dan sejumlah pejabat utama TNI tiga matra turut hadir dalam upacara HUT TNI AL tersebut.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, usai memimpin upacara, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan tamu undangan lainnya menyaksikan kemampuan 38 kapal perang TNI AL yang berlayar dan membentuk formasi perang Sailing Pass, dan menembakkan sejumlah munisi penghancur kapal lawan di laut lepas.

Tidak hanya itu, Panglima TNI juga menyaksikan atraksi udara yang dilakukan oleh Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal. Selain itu, Panglima TNI juga menyaksikan simulasi pembebasan sandera yang dilakukan oleh prajurit gabungan pasukan khusus TNI AL yaitu Denjaka, Kopaska dan Taifib, serta Flying Pass dari unsur Kapal Perang, Helikopter dan Pesawat Udara (Pesud) milik TNI AL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya