Heboh Mahasiswa Penerobos Ring I Jokowi Terkapar Ditampol Paspampres, Ini Pengakuan Kolonel Kris

VIVA Militer: Mahasiswa penerobos ring I Paspampres
Sumber :
  • Yulianto Agus

VIVA – Seorang mahasiswa Universitas Mulawarman bernama Yulianus Agung baru saja bikin heboh jagat maya setelah mengaku terkapar ditampol prajurit TNI yang bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Yulianus Agung mengaku dipukul Paspampres usai menerobos pengamanan Ring I VVIP untuk berfoto bersama Presiden Joko Widodo di lokasi pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XXX 2024 di Samarinda.

VIVA Militer: Mahasiswa penerobos ring I Paspampres

Photo :
  • Yulianto Agus
Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

Dalam akun IG pribadinya Yulianus memajang beberapa video kala ia berhasil mendekati bahkan foto bareng Jokowi. Dan ia juga mengupload sejumlah foto saat ia terkapar yang katanya akibat ditampol sama Paspampres.

"Walaupun terkapar dipukul Paspampres," tulis Yulianus.

Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Mendadak Muncul di Permukaan Laut RI, Marinir TNI Siaga

Pengakuan dan aksi nekat Yulianus itu langsung mendapat tanggapan dari Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman.

VIVA Militer: Mahasiswa penerobos ring I Paspampres

Photo :
  • Yulianto Agus

Dalam siaran resminya, melalui Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Kolonel Kav Kristiyanto dilansir VIVA Militer, Selasa 10 September 2024, disebutkan bahwa tindakan Yulianto Agus itu sangat membahayakan keselamatan dan keamanan presiden.

"Sesuai dengan UU TNI No. 34 tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI dalam hal pengamanan VVIP, tugas Paspampres sesuai dengan aturan undang-undang dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada, yaitu melaksanakan tugas pengamanan fisik jarak dekat terhadap kemungkinan ancaman yang dapat membahayakan obyek VVIP," kata Kolonel Kav Kristiyanto.

Kapendam menjelaskan, dalam peristiwa itu, tidak ada tindakan pemukulan dari Paspampres, hanya saja Yulianus itu terkena dorongan personel PAM VVIP.

VIVA Militer: Mahasiswa penerobos ring I Paspampres

Photo :
  • Yulianto Agus

"Karena situasi saat itu ramai, saudara Yulianus yang memaksa masuk terkena dorongan bagian perut dari personel Pengamanan VVIP," ujar Kapendam.

Aksi Yulianus menerobos pengamanan VVIP itu jelas perbuatan yang salah, dan Paspampres bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku di NKRI.

"Tugas Paspampres juga telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden beserta keluarganya serta tamu negara setingkat kepala negara/kepala pemerintahan. Dalam Pasal 1 ayat 11 itu sudah jelas disebutkan bahwa ada tugas Paspampres juga," kata Kapendam.

Kodam Mulawarman telah berkoordinasi dengan Yulianto, dan mahasiswa Fakultas Hukum itu mengakui semua kesalahan yang telah diperbuatnya dan ia meminta maaf.

Baca: Kolonel Sjam, Sang Harimau Siliwangi Penjaga Jenderal TNI Umar Meninggal Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya